Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sopir Truk Ini Dilaporkan Tewas Tertimpa Kontainer Seberat 25 Ton
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 06-09-2014 | 11:44 WIB
sopir truk tewas.jpg Honda-Batam
Jenazah sopit truk yang tertimpa kontainer di RSBK Batam. (Foto: Romi Chandra/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anton Sucahyo (37), sopir truk salah satu perusahaan di komplek industri Batuampar, tewas tertimpa kontainer yang ia bawa, Jumat (5/9/2014) malam sekitar pukul 21.20 WIB. Diduga, Anton yang sempat dilarikan ke Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK) itu menjadi korban kecelakaan kerja di jalan kawasan industri tersebut.

Pantauan di ruang observasi RSBK, warga Kavling Melcem Pasar, Batuampar, itu menggalami luka lebam di bagian dada serta luka memar di perut. Selain itu, hidung korban juga mengeluarkan darah. Sayangnya, pewarta yang ingin melihat lokasi kejadian tidak dibolehkan masuk ke kawasan industri tersebut ketika mendatangi lokasi.

Namun, berdasarkan keterangan yang didapat dari pihak rumah sakit yang menjemput korban ke lokasi, korban yang mengendarai truk membawa kontainer itu berniat ingin memutar truknya di jalan menurun dalam kawasan industri.

Namun saat kepala truk sudah berbelok ke kanan, kontainer yang dibawa oleng dan rebah ke arah kanan hingga menimpa kepala truk tepat di bagian sopir berada. "Ujung kanan kontainer sebelah kanan menimpa kepala truk sebelah kanan, tempat sopir. Kata orang di sana, kontainer itu bermuatan sekitar 25 ton," kata salah satu sekuriti rumah sakit, Sabtu dini hari.

Untuk mengevakuasi korban saja, lanjutnya, didatangkan truk pengerek (crane) untuk mengangkat kontainer yang menimpa kepala truk. Setelah kontainer diangkat, pintu bagian sopit ditarik paksa untuk mengeluarkan korban. "Sopir ditemukan sudah meninggal," ujarnya.

Posisi sopir saat ditemukan dalam kondisi terbungkuk di bawah setir truk yang remuk tertimpa kontainer. "Sepertinya korban sempat berusaha menghindar dan sembunyi di bawah setir, karena mengetahui kontainer akan rebah ke arahnya. Posisinya terjepit di bawah setir dalam kondisi terbungkuk. Kepala truk itu remuk hingga menyentuh setir," jelasnya.

Setelah korban berhasil dievakuasi, langsung dilarikan ke rumah sakit. Hingga pukul 02.00 WIB, Sabtu dinihari, jenazah korban masih berada di kamar jenazah rumah sakit. Para keluarga dan kerabat kerja banyak berdatangan. Selain itu, pihak Polsek Batuampar juga terlihat berada di rumah sakit.

"Kejadian ini masih kita dalami. Korban ditemukan sudah meninggal di lokasi. Ia terjepit kontainer yang dibawa dengan truknya," kata seorang petugas polisi. (*)

Editor: Roelan