Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Rokan Hulu Lepas Jemaah Calon Haji Kloter 5
Oleh : Gabriel P. Sara
Jum'at | 05-09-2014 | 14:56 WIB
bupati_rohul_lepas_jch.jpg Honda-Batam
Bupati Rohul Achmad menyerahkan bendera Merah Putih kepada Ketua Kloter 5

BATAMTODAY.COM, Batam - Bupati Rokan Hulu, Provinsi Riau, Achmad melepas keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter 5) embarkasi Batam di Asrama Haji Batam Jalan Engku Putri, Batam Center, Jumat (5/9/2014).

Achmad mengatakan agar keberangkatan jemaah haji harus berbekalkan taqwa kepada Allah SWT. Menurutnya perjalanan haji cukup panjang, dimana harus dipersiapkan segala sesuatu dari beberapa bulan sebelumnya.

Menurutnya, keberangkatan jemaah haji tahun 1435 H tahun ini lebih menggembirakan, karena keberangkatanya tepat pada hari jumad (atau lebih dikenal dengan haji akbar), merupakan perjalanan haji yang pernah ditempuh oleh Rasulullah SAW.

"Dan yang lebih menggembirakan adalah pada pelaksanaan ibadah haji pada tahun 1435 H ini wukuf di Arafah tahun ini akan jatuh pada hari Jumat atau yang lebih dikenal dengan haji akbar. Sebuah perjalanan haji yang pernah ditempuh oleh Rasulullah SAW," kata dia.

Achmad juga mengatakan bukan hanya janji syurga saja yang ada di balik haji yang mabrur, tetapi ada manfaat sosial kemasyarakatan yang besar yang terkandung di dalamnya. Dan juga saat kembalinya jemaah haji, harus mengubah perilaku.

"Kita perhatikan, ciri haji yang mabrur diantaranya suka menolong dan suka memberi. Jadi kalau jamaah haji suka melakukan kebaikan untuk orang lain sejak awal maka ciri kemabruran itu sudah ada sejak dari Tanah Air, juga apabila kembalinya nanti harus mengubah perilakunya," tutupnya

Pelepasan ditandai dengan penyerahan surat-surat kepercayaan dan bendera Merah Putih kepada Ketua Kloter dan petugas kloter lainnya dan diakhiri dengan pembacaan talbiah yang dipimpin oleh Kepala Kemenag Kota Batam Zulkifli Aka dan diikuti oleh seluruh JCH.


Editor: Dodo