Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

60 Lapak Baru di Pasar Seiharapan Segera Dioperasikan
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 05-09-2014 | 14:11 WIB
kebakaran seiharapan pasar1.jpg Honda-Batam
Pasar Seiharapan, Sekupang, yang terbakar beberapa waktu lalu. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 60 lapak baru di Pasar Seiharapan, Sekupang, Batam, segera dioperasikan. Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PMPK-UKM) Kota Batam tinggal berkoordinasi dengan pengelola pasar agar lapak itu bisa digunakan.

"Kita tinggal melakukan rapat dengan koperasi pengelola Pasar Seiharapan dan juga proses pengurusan hibah dari yang punya lahan ke Pemko Batam," ujar Pebrialin, kepala Dinas PMPK-UKM Kota Batam, Pebrialin, Jumat (5/9/2014).

Setelah proses koordinasi serta rapat dengan pihak terkait rampung, maka pihaknya tinggal menentukan kapan pegagang bisa menggunakan puluhan lapak baru itu. "Jumlahnya ada 60 lapak di dua lantai, lantai dasar untuk pasar basah sementara lantai dua untuk yang kering (kios)," jelasnya.

Dana pembangunan lapak itu merupakan hibah dari Kementerian UKM pasca-musibah kebakaran beberapa waktu lalu. Dana hibah yang dikucurkan sebesar Rp900 juta.

Dia mengimbau bagi warga yang ingin berjualan di pasar tersebut namun belum menjadi anggota koperasi pasar, hendaknya bisa segera bergabung. Karena, mereka baru bisa berjualan setelah bergabung dengan koperasi. Untuk biaya juga sudah diatur oleh pengelola koperasi pasar.

"Itu kan dana yang diberikan khusus dari Kementrian UKM untuk koperasi. Jadi, dinas hanya memfasilitasi saja yang ingin berjualan di pasar tersebut. Silahkan bergabung dengan koperasi pengelola," katanya.

Pedagang di Pasar Seiharapan saat ini masih berjualan di tepian jalan pasar dengan kondisi kumuh. Dengan adanya perbaikan tersebut, dia berharap masyarakat akan lebih dipermudah dalam melakukan aktivitas.

"Kita belum tentukan kapan peresmiannya karena sedang dalam tahap proses koordinasi dan rapat  dengan pihak terkait. Dalam waktu dekat pasar tersebut akan segera diresmikan," ujarnya. (*)

Editor: Roelan