Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tanjungpinang International Kite Festival Dibuka Besok
Oleh : Habibi
Jum'at | 29-08-2014 | 16:46 WIB
juramadi_esram.jpg Honda-Batam
Juramadi Esram, Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Tanjungpinang. (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kawasan Pinang Marina akan dipenuhi layang-layang besok Sabtu (30/8/2014). Di lokasi yang dikenal dengan nama Rimba Jaya itu akan digelar festival layang-layang internasional atau Tanjungpinang International Kite Festival (TIKF) yang dilaksanakan hingga Minggu (31/8/2014).

"Festival ini rencananya akan dibuka oleh Wali Kota Tanjungpinang pada pukul 10.00 WIB. Pesertanya dari luar negeri, Sumatera dan Kepri sendiri," tutur Juramadi Esram, Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Tanjungpinang, saat ditemui di Kantor DPRD Kota Tanjungpinang, Jumat (29/8/2014).

Dia menjelaskan, sudah 60 peserta yang mendaftar. Peserta dari Sumatera diwakili dari Medan, Padang, dan Pekanbaru. "Dari luar negeri, yakni Malaysia, Brunei, dan Thailand," terangnya.

Lomba layang-layang itu memperebutkan hadiah uang tunai dengan total Rp22,5 juta. Juara I akan memperoleh hadiah uang tunai sebesar Rp3,5 juta, juara II 2,5 juta dan juara III sebesar 1,5 juta.

Jumlah yang dianggarkan memang sedikit. Pasalnya, festival layang-layang ini digabung dengan festival laut yang dilakukan beberapa waktu lalu. "Tahun depan akan dipisah supaya acaranya lebih besar. Selain itu, tahun depan Disparparekraf akan mengagendakan 12 festival dalam satu tahun. Jadi setiap bulan satu festival," katanya.

TIKF ini memperlombakan tiga kategori layang-layang, yakni layang-layang waw bulat, layang-layang waw kreasi dan layang-layang ekor panjang. "Ini festival layang-layang perdana kita. Mudah-mudahan sukses. Jadi ke depan dapat kita jadikan ajang tahunan dalam upaya menggaet wisatawan dalam maupun luar negeri dan kategori akan diperbanyak lagi," ujarnya. (*)

Editor: Roelan