Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satu Mobil dan Dua Pencoleng Solar Ditangkap Warga di SPBU Sukajadi
Oleh : Romi Chandra
Jum'at | 29-08-2014 | 13:20 WIB
pelangsir_mercy.jpg Honda-Batam
Dua pelaku penyelewengan BBM (tengah dan kanan) bersama mobil yang sudah diamankan di Mapolresta Barelang.

BATAMTODAY.COM, Batam - Masih banyaknya aktivitas penyelewengan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar membuat masyarakat geram. Bahkan satu mobil penyeleweng solar berhasil ditangkap warga saat melakukan pengisian di SPBU Sukajadi, Jumat (29/8/2014) pagi.

Mobil Mercedez Benz warna putih BP 1161 MX tersebut ditangkap warga saat melakukan pengisian. Beruntung saat menangkap mobil tersebut, mobil patroli Polisi juga lewat dan warga langsung menyetop serta menyerahkan mobil beserta dua orang pelaku, Narli Simbolon dan Holong Situmorang kepada pihak kepolisian.

"Kami sudah sering melihat mobil pelangsir dimana-mana. Bisa dibilang, kami sudah geram dengan aktivitas yang merugikan masyarakat ini. Pas ngisi minyak tadi, mobil ini langsung kami tangkap. Pas pula mobil patroli polisi lewat, ya langsung kami serahkan," kata Rs, warga yang menangkap mobil tersebut, Jumat siang di Mapolresta Barelang.

Pantauan di depan ruang Sentra Pelayanan Kpolisian Terpadu (SPKT) Polresta Barelang, mobil tersebut membawa 18 jerigen ukuran 25 liter. Dari 18 jerigen itu, 3 jerigen terisi penuh solar dan satu jerigen baru terisi setengah. Di dalam mobil itu juga ditemukan satu kartu survei bio solar yang mengatasnamakan PT Bumi Jaya Kampar.

Ka SPKT Polresta Barelang, Inspektur Polisi Dua Indra Isputranto mengatakan, satu mobil serta dua pelaku tersebut ditangkap warga di SPBU Sukajadi dan langsung diserahkan kepada polisi, yang melakukan patroli di sekitar lokasi.

"Mobil dan pelaku pelansir solar ini ditangkap warga dan dibawa ke sini, Mapolres. Informasi yang kami dapat, solar ini dibawa ke Batuaji," kata Indra.

Dua pelaku yang diamankan tersebut lanjutnya, satu orang berperan sebagai sopir dan satu lagi sebagai pemindah selang dari jerigen satu ke jerigen lainnya. Mobil yang diamankan sendiri tidak memiliki tangki modifikasi, hanya membawa jerigen.

"Modusnya, mereka tetap melakukan pengisian lewas saluran minyak, tapi saluran tersebut langsung terhubung ke tangki di dalam mobil. Satu orang berada di luar, dan satu orang lagi bertugas memindahkan selang dari jerigen yang sudah penuh ke jerigen yang kosong," jelas Indra.

Kedua pelaku serta mobil sudah diamankan polisi. Sedangkan warga yang menangkap mobil ini akan membuat laporan ke SPK, terkait temuan yang didapat di lapangan.

Editor: Dodo