Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Tanjungpinang Berencana Buat Perwako untuk Lestarikan Penyengat
Oleh : Habibi
Kamis | 28-08-2014 | 15:05 WIB
lis gotong royong.jpg Honda-Batam
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, saat gotong royong di salah satu bangunan bersejarah di Pulau Penyengat. (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM).

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang berencana akan mengeluarkan peraturan wali kota untuk melestarikan situs-situs sejarah, salah satunya di Pulau Penyengat dan Kota Rebah. Penyengat dinilai sebagai destinasi wisata yang berharga dan wajib dijaga.

"Tentunya dengan adanya Perwako ini kita juga harus bekerja ekstra lagi untuk menggiatkan agar cagar budaya yang ada di Penyengat dapat lebih baik. Namun tahun depan kita mulai dengan pembuatan pelabuhan baru, sehingga perekonomian di Penyengat dapat berkembang," kata Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, di sela-sela kegiatan gotong-royong massal di Pulau Penyengat, Kamis (28/8/2014).

"Jadi, nanti kita masuk ke Penyengat lewat Kampung Datuk dan pulangnya baru lewat pelabuhan sekarang ini," imbuh Lis.

Selain pelabuhan, Pemko Tanjungpinang secara bertahap akan mempercantik sarana dan prasana di Penyengat. "Sarana dan prasarana penting untuk menggaet wisatawan untuk datang ke Penyengat dan selalu ingin ke sini," tuturnya.

Kemudia, Pemko Tanjungpinang juga berencana untuk membuat replika bangunan-bangunan istana yang telah ambruk. "Itu rencana kita, tapi bertahaplah. Kita juga akan upayakan untuk minta jalan lingkar kepada Provinsi Kepulauan Riau," kata Lis. (*)

Editor: Roelan