Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Solo Tuan Rumah Kongres PSSI
Oleh : Hendra Zaimi
Selasa | 07-06-2011 | 08:57 WIB

Jakarta, batamtoday - Kota Solo, Jawa Tengah bakal menjadi tuan rumah dalam pelaksaan Kongres Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang akan memilik Ketua Umum dan anggota Komite Eksekutif (Exco) periode 2011-2015. Selain itu, kongres yang bakal digelar pada tanggal 30 Juni 2011 mendatang itu juga akan menentukan nasib persepakbolaan Indonesia.

Ketua Komite Normalisasi, Agum Gumelar mengatakan berbagai pertimbangan yang menjadi dasar Komite Normalisasi menunjuk Solo sebagai tempat pelaksanaan kongres. selain berada di tengah, dan dapat dijangkau, penunjukan Solo sebagai tempat pelaksanaan kongres juga dilandasi sejarah panjang terhadap persepakbolaan nasional.

“Sebetulnya ada empat kota yang masuk ke dalam nominasi tuan rumah kongres PSSI nanti, yakni Palembang, Yogyakarta, Solo, dan Jakarta. Komite Normalisasi akhirnya memilih Solo dengan sejumlah pertimbangan,” ungkap Agum.

“Solo juga mempunyai sejarah panjang dengan sejarah sepakbola nasional. Selain itu, beberapa kegiatan sepakbola yang berlangsung di Solo bisa berjalan dengan baik dan sukses.”

“Dipilihnya Solo juga sebagai bentuk penghargaan untuk masyarakat Jawa Tengah, terutama warga Solo dan sekitarnya yang mempunyai peranan besar di sepakbola nasional.”

Berdasarkan rapat Exco FIFA pada 30 Mei lalu diputuskan, Indonesia akan langsung terkena sanksi pembekuan secara otomatis bila hingga batas waktu 30 Juni belum juga mendapatkan ketua dan wakil ketua umum, serta anggota Exco.