Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Berhasil Kendalikan Penyakit Malaria, Batam Terima Penghargaan dari Pusat
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 07-08-2014 | 12:34 WIB
sertifikat_malaria.jpg Honda-Batam
Kepala Bidang Kesehatan Dinkes Batam, Sri Rupiati menunjukkan sertifikat eliminasi malaria yang diterima Kota Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, bertepatan dengan Hari Kesehatan se-Dunia dan Hari Malaria, menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat dalam keberhasilan pengendalian penyakit malaria yang terkenal penyakit menular.

"Penghargaan tersebut suatu tahapan bahwa Batam bebas dari penularan malaria setempat atau bukan lagi daerah penular malaria," ujar Kepala Bidang Kesehatan Dinkes Batam, Sri Rupiati, Kamis (7/8/2014).

Sri mengatakan penerimaan sertifikat eleminasi malaria dari Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi dalam rangkaian peringatan Hari Malaria Sedunia di Hotel Sahid beberapa waktu lalu diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Batam, Chandra Rizal.

Ditambahkan Sri, Batam merupakan salah satu dari 212 kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil memberantas penyakit malaria. Menurut penilaian jelas setelah dilihat dari penurunan Annual Parasit Insidence (API) malaria di Batam turun hingga 0,00 kasus jauh di bawah nasional.

"Ini semua kesadaran masyarakat Batam yang secara bersama-sama menjaga dan merawat lingkungan sekitar rumah," ujar Sri sambil menunjukkan sertifikat penghargaan tersebut.

Tidak terkecuali para petugas kesehatan selalu aktif menjaga dan mengimbau masyarakat agar sekali melakukan penjagaan lingkungan untuk memberantas penyakit tersebut.

Sri berharap masyarakat untuk mendukung suksesnya upaya percepatan eleminasi malaria baik dengan terus menjagalingkungan serta saling mengingatkan.

"Penularan malaria pada 2012 terhitung Januari-Juli sebanyak 685 penderita dan pada 2013 sebanyak 92 penderita sedangkan pada 2014 tidak ada yang terkena," pungkasnya.

Editor: Dodo