Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penjualan Ponsel Xiaomi Tak Terbendung oleh Samsung dan Lenovo
Oleh : Redaksi
Selasa | 05-08-2014 | 16:24 WIB
xioami-3.jpeg.jpg Honda-Batam
Ponsel pintar andalan Xiaomi, Mi3.

BATAMTODAY.COM - GEMPURAN Xiaomi, ponsel asal Tiongkok, tak terbendung. Berdasarkan data terbaru dari perusahaan riset Canalys, pengiriman Xiaomi pada kuartal II-2014 bahkan menyalip Samsung dan Lenovo. Pada kuartal pertama, Xiaomi berada di urutan ketiga setelah Samsung yang terdepan, diikuti Lenovo di posisi kedua.

Dikutip dari Tech in Asia, Xiaomi memiliki pangsa pasar 14 persen dari pengiriman smartphone di kuartal kedua, kata Canalys. Sementara Samsung, Lenovo dan Coolpad berada di barisan kedua dengan masing-masing 12 persen. Selanjutnya dibuntuti oleh Huawei dengan 11 persen.

Canalys menganalisis, penjualan Samsung melorot pada kuartal II-2014 dibandingkan kuartal II-2013, dari 15,5 juta unit menjadi 12,2 juta unit. Sementara Xiaomi telah meroket dari 4,4 juta unit menjadi 15 juta unit di periode yang sama.

Bagaimana Xiaomi melakukannya? Xiaomi diakui pintar "memainkan harga". Xiaomi yang menggulkan ponsel Mi3 -yang akan segera digantikan oleh MI4- memiliki spesifikasi sebanding dengan Samsung Galaxy S5 dengan harga hampir separuhnya.

Kualitas hardware juga sebanding, dan beberapa konsumen menyebut jika Xiaomi Android yang lebih murah itu justru lebih baik dari Samsung. Harga rata-rata ponsel Android baru di Cina hanya US $233. Sedangkan Mi3 dibanderol seharga US $243.

Ponsel Xiaomi sendiri telah terjual sebanyak 26,1 juta unit smartphone di semester pertama 2014 dan menargetkan mampu menjual 60 unit pada tahun ini. (*)

Editor: Roelan