Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ukur Lingkaran Perut untuk Risiko Diabetes Tipe 2
Oleh : Redaksi
Jum'at | 01-08-2014 | 10:46 WIB
perut_besar_bbc.jpg Honda-Batam
(Foto: BBC)

BATAMTODAY.COM - Badan Kesehatan Inggris, PHE, menyerukan orang untuk mengukur lingkaran perutnya secara rutin untuk mengetahui risiko menderita diabetes tipe 2.

Pria dengan lingkaran perut lebih dari 102 cm dan perempuan di atas 85 cm berada dalam 'risiko diabetes yang amat tinggi', seperti dilaporkan wartawan urusan kesehatan BBC, James Gallagher.

Sebuah lembaga amal, Diabetes UK, mengatakan Inggris saat ini menghadapi wabah diabetes 2 yang 'menghancurkan' dan dikhawatirkan menimbulkan masalah lebih besar lagi bagi layanan kesehatan Inggris, NHS, yang saat ini sudah menghabiskan 10 persen dari anggarannya untuk diabetes.

Diabetes tipe 2 membuat tubuh seseorang tidak mampu mengendalikan tingkat gula di dalam darahnya yang berpengaruh buruk atas kesehatannya.

Penyakit itu meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke serta menjadi penyebab utama kebutaan di kalangan orang-orang dalam usia produktif selain mengganggu peredaran darah dan menggangu syaraf yang menyebabkan 100 amputasi kaki di Inggris setiap minggu.

Jika seseorang yang berusia 50 tahun menderita diabetes tipe 2 maka peluangnya untuk meninggal enam tahun lebih cepat dibanding mereka yang tidak menderita diabets 2.

Laporan PHE memgatakan pria dengan lingkaran 94-102 cm dan perempuan berlingkar perut 80-88 cm mungkin tidak masuk dalam 'kelompok yang berhaya' namun tetap berada dalam 'risiko tinggi' diabetes.

Sumber: BBC