Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kodim 0316 Batam Siagakan 100 Personel untuk Amankan Pilpres
Oleh : Romi Chandra
Minggu | 06-07-2014 | 13:25 WIB
ilustrasi_tni.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang pemilihan presiden (pilpres) yang tinggal hitungan hari, setiap aparat penegak hukum siap mengamankan pelaksaan pilpres yang jatuh tanggal 9 Juli 2014. Selain Polri, TNI juga menekankan siap membantu pihak kepolisian dalam pengamanan pilpres tersebut.

"Tugas TNI sebagai penebalan kekuatan, dan kita akan membantu Polri dalam pengamanan pilpres, terutama untuk wilayah Batam," kata Komandan Kodim 0316 Batam, Letkol Arh Harvin Kiddingalo, kepada wartawan, Sabtu (5/7/2014) sore.

Personel yang akan diterjunkan nantinya untuk membantu pihak kepolisian itu akan diturunkan dari Makodim Batam dan Yonif 134 Tuah Sakti. Pada dasarnya sistem keamanan yang dilakukan TNI hanya membantu tugas aparat kepolisian.

"Sistem pengamanan kita bersifat langsung terjun ke lapangan dan siaga di markas. Kita menyiapkan I SKK atau 100 personel TNI yang disiapkan dalam pengamanan langsung ini," kata Dandim.

Dia menambahkan, personel TNI nantinya juga akan mencari informasi-informasi melalui intelijen tentang persoalan yang mungkin bisa mengganggu pelaksaan pilpres. "Pengamanan dilakukan sesuai wilayah, baik Koramil dan Babinsa," tambah Dandim.

Dandim juga menegaskan, tugas TNI dan Polri dalam pengamanan selalu berda di garda terdepan, terutama di ajang pesta demokrasi seperti yang akan dilakukan beberapa hari lagi. "Kita dari TNI selalu mempersiapkan personel dalam keadaan siaga satu," tegasnya.

Ia juga mengharapkan agar pelaksaan pilpres nantinya berjalan lancar dan tidak ada kendala, terutama untuk daerah Batam. "Kita berharap pilpres nanti aman dan kondusif. Bagi masyarakat yang memilih jagoannya, jangan sampai terhasut untuk melakukan hal-hal yang membuat kelancaran pelaksaan pilpres terganggu," pesan Harvin. (*)

Editor: Roelan