Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Honda Civic Dibawa Kabur, Pihak Showroom Mengaku Tak Kehilangan Mobil
Oleh : Romi Chandra
Jum'at | 04-07-2014 | 18:28 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Daihatsu Xenia warna biru metalik BP 1485 EM yang dicuri di kawasan Sagulung beberapa waktu lalu, berhasil ditemukan di showroom Auto House di Simpang Lima Nagoya Newton. Namun kali ini malah mobil Honda Civic BP 1824 XG tahun 1997 milik showroom yang dibawa pencuri dengan alasan ingin menukar tambah mobil Xenia yanh ia curi dengan salah satu mobil di showroom tersebut.

Sesuai laporan yang masuk ke Polreta Barelang, pencurian tersebut terjadi Sabtu (28/6/2014), sehari setelah pelaku mencuri Daihatsu Xenia di Sagulung. Kemudian pelaku membawa mobil tersebut ke showroom dengan berpura-pura akan menukar mobilnya dengan Honda Civic di showroom tersebut.

"Sampai di showroom, pelaku berpura-pura ingin membeli mobil Honda Civic dan ingin testdrive. Sebagai jaminannya, ia meninggalkan Daihatsu Xenia hasil curian itu di showroom," kata Kanit III Satreskrim Polresta Barelang, Iptu Syarifudin, Jumat (4/7/2014).

Pihak showroom pun mengizinkan pelaku melakukan testdrive karena ia meninggalkan Xenia yang jauh lebih mahal harganya dibanding Honda Civic sebagai jaminannya. Hanya saja, setelah hingga malam pelaku tidak kembali, sehingga pihak showroom membuat laporan ke Mapolresta Barelang.

"Sesuai dengan laporan dan setelah kita kembangkan, ternyata diketahui bahwa mobil Xenia yang ditinggalkan pelaku di showroom juga hasil curian dengan laporannya di Polsek Sagulung," kata Syarifudin.

Hingga kini, polisi masih menyelidiki kasus pencurian mobil dengan modus pelaku menjadikan mobil curian sebagai jaminan membawa kabur mobil di showroom tersebut. "Kita sama sedang selidiki kasus ini. Di Polsek Sagulung sedang menyelidiki kasus pencurian Xenia, kita lidik kasus Honda Civic. Melihat dari pergerakannya, pelaku termasuk sudah profesional," jelas Syarifudin.

Hanya saja, pihak showroom malah terkesan tertutup. Mereka berdalih tidak mengaku kehilangan mobil apapun. "Tidak ada yang kehilangan mobil di sini. Bapak salah tempat," ujar salah satu pegawai showroom sambil pergi menghindari wartawan.

Namun informasi yang didapat, pihak showroom sengaja menutupi kasus karena kuat dugaan lokasi tersebut juga menjadi penadah atau tempat transaksi tukar tambah mobil curian.

"Mereka menutupi karena takut kalau mobil yang hilang di Sagulung itu memang dibawa ke sana sebagai penadah," kata sumber di kepolisian.

Diberitakan sebelumnya, Daihatsu Xenia warna biru metalik BP 1485 EM yang dilaporkan hilang sejak empat hari lalu, akhirnya ditemukan kembali di salah satu showroom di daerah Nagoya. Mobil itu dititip oleh seorang pelaku yang namanya belum diketahui.

Mobil itu justru ditemukan oleh pemiliknya, Yuliman Indra Acmad, 47 tahun.

"Setelah buat lapor polisi, saya juga masih tetap lakukan pencarian. Tepat di salah satu showroom daerah Nagoya, mobil itu saya lihat sudah terparkir, dan untung belum ada yang diubah," kata dia, Rabu (2/7/2014) saat dihubungi wartawan, setelah mendapat informasi mobil tersebut sudah ditemukan.

Yuliman menjelaskan, begitu menemukan mobilnya dalam kondisi terparkir di salah satu showroom daerah Nagoya, dia pun lantas menghubungi polisi. Tak lama berselang, polisi yang dihubungi pun datang ke lokasi.

"Begitu lihat mobil itu di showroom saya langsung telepon polisi. Akhirnya mobil itu kami bawa pulang," jelasnya. (*)

Editor: Roelan