Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cegah Obesitas, Kurangi Asupan Gula
Oleh : Redaksi
Jum'at | 27-06-2014 | 16:10 WIB
gula_pasir.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM - Masyarakat harus mengurangi asupan gula mereka hingga separuhnya untuk mengatasi krisis obesitas, menurut anjuran sains untuk pemerintah di Inggris.

Rancangan laporan oleh Komite Penasihat Sains untuk Nutrisi (SACN) mengatakan gula yang ditambahkan ke makanan atau secara alami hadir dalam jus buah atau madu harus meliputi 5 persen dari asupan energi, seperti dilaporkan wartawan BBC James Gallagher. Banyak orang yang gagal memenuhi target 10persen.

Industri gula mengatakan "menjauhkan satu bahan" tidak akan "mengatasi epidemi obesitas." Badan itu mengulas 600 studi sains terhadap bukti karbohidrat, termasuk gula, pada kesehatan untuk membangun rekomendasi baru.

Satu kaleng soda ukuran 330 ml sudah mencukupi 5 persen asupan gula pada orang dewasa, tanpa memperhitungkan gula dari sumber-sumber lain.

Prof Ian MacDonald, kepala kelompok kerja SACN yang meneliti karbohidrat, mengatakan: "Bukti yang kami analisa menunjukkan dengan cukup jelas bahwa asupan gula tinggi pada orang dewasa terkait dengan meningkatnya asupan energi dan obesitas.

"Ada juga hubungan antara minuman yang dipermanis dengan gila dan diabetes tipe-2.

"Pada anak-anak ada demonstrasi jelas bahwa minuman yang dipermanis dengan gula terkait dengan obesitas.

"Dengan mengurangi asupan gula menjadi 5 persen saja Anda akan mengurangi semua risiko penyakit itu, tantangannya adalah bagaimana bisa mencapainya.

Sumber: BBC