Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Piala Dunia 2014

Uruguay dan Kosta Rika Lolos dari Grup D
Oleh : Redaksi
Rabu | 25-06-2014 | 07:52 WIB

BATAMTODAY.COM - Uruguay berhasil mendapat tempat di babak kedua Piala Dunia Brasil setelah mengalahkan Italia 1-0, Selasa (24/6/2014) di Natal.

Pertandingan berjalan dengan ketat dan keras untuk bisa lolos dari Grup D setelah Kosta Rika sudah lebih dulu memastikan melaju ke babak kedua. Bagi Italia, hasil seri sudah cukup namun Uruguay harus meraih kemenangan agar bisa lolos.

Saling dorong antara pemain kedua tim terlihat sejak awal dan wasit Marco Antonio Rodriguez Moreno dari Meksiko mengeluarkan empat kartu kuning, masing-masing dua untuk Italia dan Uruguay- serta satu kartu merah untuk pemain Italia, Claudio Marchisio.

Dalam sebuah insiden, penyerang Luis Suarez tampaknya menggigit pundak Giorgio Chiellini saat saling mendorong di kotak penalti Italia.

Sekitar semenit setelah insiden tersebut, pada menit ke-81, pemain Uruguay Diego Godin mencetak gol lewat sundulan kepala yang memanfaatkan tendangan sudut.

Pada menit-menit terakhir kiper Italia, Buffon, ikut maju ke depan dan meninggalkan gawangnya guna memperkuat serangan namun tetap tidak berhasil menyamakan kedudukan dan Italia tersingkir dari Piala Dunia 2014.

Ketegangan juga terjadi di pinggir lapangan karena salah seorang staf Timnas Italia di keluarkan dari wilayah pelatih karena memprotes wasit terkait insiden Suarez dan Chiellini.

Bagaimanapun belum ada keterangan lebih lanjut dari pihak penyelenggara atas yang insiden yang 'tampaknya seperti gigitan' Suarez atas Chiellini.

Suarez pernah mendapat sanksi karena mengigit pemain Chelsea, Branislav Ivanovic, dalam pertandingan Liga Primer April 2013 lalu.

Karena aksinya itu, FA menjatuhkan larangan tanding sampai 10 kali atas Suarez.

Sebelumnya, Suarez juga diganjar larangan tujuh pertandingan saat bermain di Ajax, Belanda, karena menggigit pundak pemain PSV Eindhoven, Otman Bakkal, tahun 2010.

Sementara itu dalam pertandingan lain di Grup D, Kosta Rika bermain imbang tanpa gol dengan Inggris, yang sudah pasti tersingkir. Hasil seri itu menempatkan Kosta Rika sebagai juara grup.

Inggris sebelumnya kalah 1-2 dari Italia dan juga 1-2 dari Uruguay sehingga menduduki peringkat paling bawah Grup D dengan hanya mengumpulkan satu angka dari tiga pertandingan.

Sumber: BBC