Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sejuta Manfaat Kacang Kedelai
Oleh : Redaksi
Senin | 23-06-2014 | 12:28 WIB
Kedelai,_kacang_kedelai.jpg Honda-Batam
Ilustrasi kacang kedelai.

BATAMTODAY.COM - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh sehat dan ideal. Dengan makan makanan yang bernutrisi serta mengonsumsi buah dan vitamin bisa membuat tubuh Anda sehat. Salah satu bahan pangan yang bernutrisi dan dapat membuat tubuh ideal yaitu kedelai.

Kedelai atau kacang kedelai, adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur seperti kecap, tahu, dan tempe.

Kandungan protein, asam amino, serat, vitamin, dan mineral di dalam kedelai dikenal ampuh membantu Anda memelihara kebugaran tubuh. Berikut adalah manfaat yang dihasilkan dari kedelai.

Menjaga berat badan ideal
Kedelai merupakan jenis makanan dengan nilai indeks glikemik (GI) rendah, sehingga mampu membantu menjaga kestabilan kadar gula darah. Kandungan serat di dalam kedelai juga dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, porsi makan berikutnya bisa ditekan agar tidak berlebihan, sehingga berat badan ideal tetap terpelihara.

Menangkal kanker
Di masyarakat Jepang yang suka mengonsumsi kedelai, penyakit kanker jarang terjadi. Ternyata lantaran kedelai mengandung fitoestrogen, zat yang mirip hormon estrogen, dan juga isoflavon yang antioksidan. Jenis kanker yang dapat dicegah antara lain payudara, saluran telur, indung telur, dan prostat.

Kedelai merupakan bahan pangan yang kaya kandungan zat antioksidan (selenium, vitamin E, isoflavon, serta genistein). Kandungan zat yang bersifat antioksidan ini mampu menangkal serangan radikal bebas yang bisa memicu munculnya sel-sel kanker.

Menstabilkan kolesterol
Zat-zat dalam tempe yang mampu membantu menurunkan lemak darah adalah protein, PUFA, serat, niasin, vitamin E, karetenoid, isoflavon, dan kalsium. Mengonsumsi tempe dalam jumlah tertentu secara teratur, dapat menurunkan kolesterol total dan LDL.

Kandungan dynamite duo di dalam kedelai ampuh menstabilkan kadar kolesterol di dalam darah. Yang pertama, lesitin, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Yang kedua, isoflavon, berfungsi sebagai antioksidan serta mampu meningkatkan level kolesterol baik (HDL) yang berguna bagi kesehatan jantung.

Mencegah osteoporosis dan osteoarthritis
Fitoestrogennya mampu mencegah osteoporosis. Belum lagi ekstra kalsium dalam tahu yang dibuat dengan kalsium klorida, proteinnya juga ikut mengurangi pengeluaran kalsium lewat urin. Berdasarkan studi, kandungan vitamin E di dalam kedelai dapat membantu meredakan dan mencegah penyakit osteoarthritis.

Osteoarthritis adalah suatu kondisi di mana persendian terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul akibat adanya gesekan pada ujung-ujung tulang penyusun sendi. Bukan hanya itu, vitamin E juga baik untuk membantu meredakan nyeri rematik dan meningkatkan mobilitas sendi.

sumber: VIVAlife