Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringati World Ocean Day, Mahasiswa UMRAH Gelar Upacara Bawah Laut di Perairan Bintan
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 12-06-2014 | 18:00 WIB
Photo_Upacara_Bawah_laut_Mahasiwa_UMRAH.JPG Honda-Batam
Upacara bawah laut yang dilakukan mahasiwa UMRAH. (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ilmiah CORAL dan Kelompok Minat Bakat Mahasiswa (KMBM) Ocean Blue Diving Club (OBDC) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), mengadakan acara upacara bawah laut di Desa Teluk Dalam, Kabupaten Bintan, belum lama ini. kegiatan itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Laut se-Dunia (Word Ocean Day), 8 Juni 2014.

Ketua UKM Ilmiah Coral UMRAH, Aulia Fazarullah, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari ragkaian kegiatan yang dilaksanakan organisasi kemahasiswaan yang bergerak di bidang keilmiahan dan eksplorasi bawah air.

"Tujuanya untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan kecintaan kita terhadap ekosistem laut, memberikan wacana tentang keanekaragaman dan potensi laut, melakukan konservasi laut sebagai laboratorium alam, serta memberikan wacana tentang penggunaan atau pengolahan sumber daya hasil laut kepada mahasiswa khususnya dan masyarakat pada umumnya," kata Aulia, melalui rilis yang dikirim ke BATAMTODAY.COM.

Selain melakukan upacara bawah laut, UKM Ilmiah Coral UMRAH juga melaksanakan kegiatan sosialisasi cinta laut, dokumentasi bawah air, operasi pembersihan pantai dan pelepasan penyu yang tertangkap di jaring nelayan.

"Selain mahasiswa kegiatan ini, juga diikuti sejumlah peserta perwakilan dari Lantamal IV, DKP Bintan, Ketua POSSI Chapter Tanjungpinang, Coast Guard Batam, anggota OBDC, anggota CORAL dan tokoh masyarakat sekitar, termasuk Bapak Bahar selaku juru kunci pantai," ujarnya.

Harapan mahasiswa, dengan kegiatan ini, laut sebagai pembelajaran yang sekaligus dapat dimanfaatkan untuk kesejahteran masyarakat. (*)

Editor: Roelan