Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

30 Kendaraan Terjaring Operasi Simpatik di Bintan
Oleh : Harjo
Jum'at | 16-05-2014 | 14:22 WIB
IMG-20140516-01764.jpg Honda-Batam
Kabag Ops Polres Bintan, Kompol Suka Irawanto, disampingi Kasat Lantas memasang stiker pelopor keselamatan di jalan raya. (Foto: Harjo/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Operasi Simpatik 2014 yang digelar Polres Bintan diwarnai dengan aksi bagi-bagi helm, jaket, obat P3K dan stiker pelopor keselamatan kepada pengendara kendaraan. Namun, 30 unit kendaraan juga turut terjaring dalam operasi ini.

"Pembagian helm, jaket, obat P3k dan stiker adalah bentuk apresiasi Polantas terhadap penguna jalan yang sudah melengkapi surat menyurat kendaraan dan mematuhi aturan lalu lintas," ujar Kasatlantas Polres Bintan, AKP Dandung Putut Wibowo, kepada BATAMTODAY.COM di Tanjunguban, Jumat (16/5/2014).

Kendati demikian, imbuh Dandung, dalam razia yang digelar di depan Pos Satlantas depan pelabuhan Bulanglinggi Tanjunguban, sedikitnya ada 30 orang pengendara roda dua yang mendapatkan teguran tertulis dan satu orang mendapat sanksi tilang.

"Dalam Operasi Simpatik, apabila ada pengendara yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan, SIM dan aksesoris kendaraan, hanya diberikan surat peringatan tertulis. Kecuali kendaraan yang benar-benar melakukan kesalahan fatal, maka akan diambil tindakan dengan menilangnya," tegas Dandung.

Dia mengakui, banyaknya masyarakat yang menyaksikan justru oknum petugas dan aparat yang masih belum mematuhi peraturan lalu lintas. Karena itu, Polres Bintan terus-menerus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan instansi samping.

"Kita sudah berkoordinasi dengan pimpinan dari instansi horizontal, baik TNI AL, AD dan AU yang ada di Bintan guna meningkatkan kesadaran terhadap peraturan berlalu lintas. Hal tersebut tidak terlepas dari tujuannya agar angka laka lantas di jalan raya semakin hari semakin menurun," imbuhnya.

Sementara, mengenai masalah infrastruktur jalan dan rambu jalan yangmasih minim di Bintan, telah disampaikan secara resmi ke Pemerintah Kabupaten Bintan dan sudah mendapatkan tanggapan yang baik. Pemkab Bintan dalam waktu dekat akan memasang sekitar 100 rambu jalan.

"Pemda Bintan melalui Dinas Perhubungan Darat sudah menyampaikan dalam waktu dekat akan segera memasang rambu jalan untuk mengingatkan masyarakat pengguna jalan agar selalu berhati-hati saat mengendarai kendaraan, supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan," ujarnya. (*)

Editor: Roelan