Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dengan Laser Kecepatan Transfer Data Hingga 26 Terabit per Detik

Terobosan Baru Pengiriman Data Tercepat
Oleh : Magid
Selasa | 24-05-2011 | 12:54 WIB
laser.jpeg Honda-Batam

Sinar laser yang ditembakan

Karlsruhe, batamtoday - Sebuah terobosan baru pengiriman data ke serat optik dengan menggunakan tehnologi laser tunggal. Dalam catatan sejumlah ilmuwan dari Institut Tehnologi Karlsruhe di Jerman, pengiriman dengan metode ini menembus kecepatan hingga 26 terabit per detik.

Dengan kecepatan tersebut, berarti seluruh data di perpusatakaan Karlsruhe dapat ditransfer ke serat optik hanya dalam waktu 10 detik. Fantastis.

Seperti dikutip batamtoday dari Jurnal Nature Photonics, Selasa, 24 Mei 2011, para ilmuwan sejak beberapa tahun terakhir, terus melakukan penelitian untuk mencari solusi pengiriman data tercepat sebagai pendukung pesatnya kemajuan tehnologi internet. Karena itu, temuan menggunakan laser sebagai alternatif adalah pengiriman data ke serat optik menjadi pusat perhatian media di Jerman.

"Selamat datang era baru pengiriman data, tantangan masa lalu kini sudah terjawab," begitu Jurnal Nature Photonics menulis.

Penelitian yang dilakukan Ilmuwan Jerman ini dipimpin lansung oleh Profesor Freude dari Institut Tehnologi Karlsruhe Jerman. Mereka menggunakan motode Transformasi Fourier untuk memecah secara rinci 300 warna dari sinar laser yang ditembakkan. Masing-masing warna diberikan string informasi yang berbeda.

Kemudian pada receiver sinar-sinar tersebut kembali diterjemahkan menjadi kode-kode tertentu sehingga terbaca pada serat optik.

"Tahun lalu, Kami dan rekan-rekan melakukan percobaan pertama dengan menggunakan sejumlah kecil warna dari laser, tercatat dapat mengirimkan lebih dari 10 terabit per detik. Kami tahu bahwa jika mampu menterjemahkan banyak warna pada sinar laser, maka data akan semakin cepat, dan kami sudah membuktikan," ujar Profesor Freude.