Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sertakan Empat Tim Untuk Empat Kategori

Politeknik Batam Targetkan Masuk Seleksi Nasional KRI-KRCI 2011
Oleh : Sumantri
Sabtu | 21-05-2011 | 16:37 WIB
Peserta_KRI.jpg Honda-Batam

P)ara Peserta KRI-KRCI yang sedang siap-siap merancang Robot untuk babak penyisihan di Sport Hall Tumenggung Abdul Jamal

Batam, batamtoday - Sport Hall Tumenggung Abdul Jamal, menjadi venue ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2011, untuk wilayah regional I Sumatera. Ajang ini diikuti oleh 24 68 tim dari 24 universitas dan Politeknik seluruh wilayah Sumatera.

Penjurian pada ajang ini melibatkan 11 juri, baik juri lokal maupun nasional. Menurut Muhammad Zaenuddin, Ketua Panitia KRI-KRCI 2011, sudah ada 4 regional yang melangsungkan perlombaannya yakni untuk Indonesia Timur ada di Palu, kemudian di Surabaya, di Bandung dan terakhir di Batam.

"Minggu depan saja sudah masuk di regional kelima di Yogyakarta. Sebenarnya semua peserta yang sudah masuk di regional ini sudah lulus seleksi secara nasional, hanya saja karena Indonesia ini luas dan banyak daerahnya maka dipecah kembali per regionalnya," kata Zaenuddin ketika ditemui batantoday, Sabtu 21 Mei 2011, di Sport Hall Tumenggung Abdul Jamal.

Nantinya, lanjut Zainuddin, juara 1 sampai 3 per regional akan masuk ke tingkat nasional, dan bertanding bulan Juni mendatang di Universitas Gajah Mada. Meskipun baru pertama kali menjadi tuan rumah, namun untuk Politeknik Batam sudah memiliki prestasi dalam Kontes Robot Indonesia ini baik secara nasional maupun internasional.

"Selama dua tahun terakhir, Politeknik Batam memegang juara umum regional Sumatra. Sedangkan untuk tingkat internasional kita pernah menang juara ketiga KRC di tahun 2007, dan tahun ini Insya Allah kita mentargetkan kembali masuk lagi ke zona nasional," tambah dia.

Untuk lomba Sabtu hari ini adalah babak penyisihan seluruh peserta. Bagi masyarakat Batam yang ingin menyaksikan datang saja langsung ke Sport Hall Temenggung Abdul Jamal, kemungkinan besar pertandingan akan selesai hingga pukul 20.00 nanti malam..