Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kebiasaan Minum Kopi, Perkecil Resiko Terserang Kanker
Oleh : Magid
Kamis | 19-05-2011 | 10:51 WIB
metastasizing_cancer.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Sel-sel kanker yang mengancam tubuh manusia, photo by Journal of National Cancer

Cambridge, batamtoday - Kebiasaan meminum Kopi ternyata memiliki efek positif bagi kesehatan tubuh kita. Sebuah penelitian menyebutkan, seseorang yang minum enam cangkir kopi atau lebih dalam sehari diketahui 20% lebih kecil kemungkinannya untuk terserang kanker.

Seperti dipublikasikan Journal of National Cancer, Kamis, 19 Mei 2011, kebiasaan meminum kopi memang dapat menghindarkan laki-laki dari seraengan Kanker, terutama Kanker prostat. Namun demikian, Mereka tidak menyarankan bahwa laki-laki harus minum kopi dengan harapan bisa mencegah kanker prostat.

Penelitian tentang Kopi ini melibatkan sekitar 48.000 orang di AS yang bekerja sebagai profesional kesehatan.

Setiap empat tahun antara tahun 1986 dan 2006, mereka diminta untuk melaporkan konsumsi kopi harian mereka.

Selama periode 20 tahun, hanya 5035 dari pria didiagnosis dengan kanker prostat, termasuk 642 kasus yang fatal. Tidak ada perbedaan terlihat antara kopi berkafein dan tanpa kafein, menunjukkan kafein itu sendiri bukan penyebabnya.

Bagi mereka yang mengkonsumsi kopi dengan durasi yang lebih kecil, satu sampai tiga cangkir per hari - diketahui menurunkan risiko kanker prostat mematikan sebesar 30%.

Para peneliti berpikir mungkin ada senyawa lain didalam kopi yang mampu melindungi tubuh dari penyakit.

Koordinator penelitian, Dr Kathryn Wilson, dari Harvard School of Public Health di Boston, mengatakan, Saat ini kita kurang pemahaman tentang faktor risiko yang dapat diubah atau dikontrol untuk menurunkan risiko kanker prostat yang mematikan.

"Jika temuan kami divalidasi, kopi bisa merupakan salah satu faktor yang dapat menurunkan resiko berbahaya dari kanker prostat." ujarnya