Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pencarian Pesawat MH370 Bisa Berlarut-larut
Oleh : Redaksi
Rabu | 02-04-2014 | 11:36 WIB

BATAMTODAY.COM - SEORANG pejabat Australia telah memperingatkan bahwa pencarian pesawat penumpang Malaysia dapat berlangsung berlarut-larut dalam waktu lama sementara usaha terus dilakukan untuk mencari jejak pesawat tersebut lebih dari tiga minggu setelah pesawat itu hilang.

Mantan pimpinan kementerian pertahanan, Angus Houston, yang memimpin badan koordinasi bersama yang baru, mengatakan 10 pesawat militer sedang bekerja pada Selasa (1/4) kemarin untuk mencari satu daerah di Samudera Hindia yang digambarkan seluas wilayah Irlandia.
 
Ia mengatakan tugas itu telah sulit karena lokasi pesawat itu yang terakhir diketahui, jauh dari tempat ke mana arah pesawat itu menghilang.
 
Ia mengatakan, pencarian tersebut adalah yang paling menantang yang pernah dilihatnya, dan bahwa sejauh ini para petugas pencari belum menemukan apapun yang berhubungan dengan pesawat yang hilang pada 8 Maret itu dengan 239 orang di dalamnya.
 
Perdana Menteri Malaysia Najib Razak akan berangkat ke Australia, Rabu (2/4).

Sebelumnya, Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, dalam konferensi pers di Perth hari Senin (31/3) lalu, mengatakan, tidak ada batas waktu yang ditetapkan untuk menemukan pesawat tersebut.
 
"Saya tentu saja tidak menetapkan batas waktu pencarian. Kita berkewajiban kepada keluarga para penumpang, kepada setiap orang yang melakukan perjalanan udara, pada negara-negara yang warganya berada di dalam pesawat yang hilang itu, kepada dunia yang selama tiga minggu ini terpaku oleh misteri ini, kepada setiap orang yang melakukan apapun yang masuk akal dalam upaya pencarian ini, dan karenanya kita akan terus melakukan pencarian pada hari-hari mendatang," ujar Abbott.

Tony Abbott menambahkan intensitas operasi ini terus meningkat meski menghadapi tantangan dan besarnya operasi yang disebutnya sebagai upaya yang luar biasa sulitnya. (*)

Sumber: VoA