Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Libur Bersama, Prediksi Lonjakan Penumpang Meleset
Oleh : Roni Ginting/TN
Sabtu | 14-05-2011 | 15:30 WIB

Batam, batamtoday - Prediksi lonjakan penumpang pada hari libur bersama selama empat hari Sabtu 14 hingga Selasa 17 Mei 2011 mendatang, ternyata tidak terjadi di pelabuhan domestik di Batam. Padahal, otoritas pelabuhandomestik di Sekupang,  Batam, telah menyiapkan kapal tambahan mengantsipasi lonjakan penumpang, namun perkiraan tersebut meleset.

Pantauan Batamtoday di pelabuhan Sekupang, penumpang yang datang maupun berangkat masih normal. Tidak terlihat adanya lonjakan penumpang.

Kepala Sahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang, Erwin S, mengatakan awalnya jajarannya telah disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Namun dugaan tersebut meleset.

"Belum ada lonjakan penumpang. Kita juga kurang tahu penyebabnya, padahal anggota telah stand by," ujar Erwin.

Bahkan pihak Syahbandar telah menyiapkan lima kapal tambahan untuk antisipasi, katanya. Akibatnya operator kapalnya mengeluh, bukannya dapat untung malah sepi.

Erwin menambahkan, kemungkinan besok, Minggu 15 Mei 2011 pagi penumpang akan banyak. Baik yang datang ke maupun berangkat dari Batam.

"Mungkin jam 09.00 WIB besok penumpangnya ramai," katanya berharap.

Ditambahkan Erwin, hari ini sempat terjadi penundaan keberangkatan kapal dari Tanjungbatu hingga satu jam. Kapal yang seharusnya berangkat jam 08.30 WIB ditunda hingga pukul 09.30 WIB. Penyebabnya cuaca yang buruk karena hujan ditambah kabut asap kiriman.

"Tadi sempat ditunda satu jam. Namun sudah normal kembali," ungkap Erwin.