Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jumlah Ibu Hamil yang Periksakan Kandungan Meningkat di Tanjungpinang
Oleh : Agus Haryanto
Sabtu | 08-02-2014 | 08:07 WIB
2014-02-08 08.57.21.jpg Honda-Batam
Kadis Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Jumlah ibu hamil di Tanjungpinang yang memeriksakan kandungannya ke puskesmas dan rumah sakit menunjukkan peningkatan yang luar biasa. Hal ini menunjukkan kesadaran ibu hamil terhadap kesehatan bayi juga meningkat.

"Pada tahun 2012, tingkat kesadaran ibu hamil memeriksakan kandungnya ada sekitar 2.000 orang. Sementara di tahun 2013 jumlah ibu yang periksa kesehatanya ada sekitar
6.697 orang. Terjadi peningkatan yang cukup pesat," kata Rustam, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang.

Rustam menyatakan, sudah seharusnya para calon ibu untuk lebih peka terhadap kondisi kesehatannya sendiri dan bayi yang dikandungnya dengan memeriksakan ke puskesmas, dokter, maupun rumah sakit. Pasalnya, salah satu penyebab tingginya angka kematian ibu melahirkan akibat sering mengabaikan kesehatannya dan juga bayinya.

Rustam juga memaparkan, selama tahun 2013 lalu, tercatat ada satu orang ibu melahirkan meninggal karena terinveksi penyakit HIV/AIDS, sedangkan empat orang lainnya dinyatakan positif mengidap HIV/AIDS.

"Kita mengharapkan untuk ibu-ibu yang sedang mengandung baik baru berusia muda atau sudah lanjut, agar tetap memeriksakan kesehatanya ke klinik, Puskesmas, atau rumah sakit terdekat. Kalau ada penyakit maka kita akan membantu mencarikan solusinya. Jangan mikir biaya, mikir sehat saja, semua akan dipermudah," ujar Rustam.

"Sekali lagi saya pastikan biaya pemeriksaan gratis untuk ibu rumah tangga dan ibu hamil," tegasnya lagi. (*)

Editor: Roelan