Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Setiap Hari, 24 Ribu Balita di Tanjungpinang Dapat Vitamin A Gratis
Oleh : Agus Haryanto
Jum'at | 24-01-2014 | 10:20 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 24 ribu bayi dan balita di Tanjungpinang mendapatkan vitamin A secara gratis setiap hari. Pemberian vitamin itu sudah menjadi agenda bulanan Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang. 

"Ada sekitar 24 ribu bayi dan balita setiap harinya mendapatkan kapsul vitamin A," kata Rustam, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, kepada BATAMTODAY.COM, di ruang kerjanya, Jumat (24/1/2014).

Pemberian vitamin ini, kata Rustam, sebagai salah satu upaya agar balita tidak kekurangan gizi dan vitamin.

Dia menjelaskan, kapsul yang dibagikan kepada balita itu bermanfaat jika si balita kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan buah-buahan. Karena itu, imbuh Rustam, vitamin A itu bermanfaat untuk kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit, membantu proses pertumbuhan, mematikan bakteri penyakit mematikan, dan lainnya.

Bagi bayi yang berusia 0 - 6 bulan, kapsul vitamin A itu akan diberikan kepada ibunya, dan disalurkan ke bayi melalui air susu ibu. Sedangkan untuk balita yang berusia 1 - 5 tahun bisa diberikan langsung.

Rustam menegaskan, pemberian vitamin A wajib dilakukan oleh seluruh rumah sakit, Puskesmas, bahkan bidan praktik tidak ada lagi bayi yang mengalami gizi buruk. (*)

Editor: Roelan