Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bea Cukai Malaysia Gagalkan Penyelundupan Sabu dalam Ratusan Batang Spidol
Oleh : Redaksi
Senin | 13-01-2014 | 15:33 WIB
sabu-sabu.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Bea dan Cukai Malaysia menangkap seorang penumpang wanita asal Cina karena mencoba menyelundupkan sabu di banda internasional Kuala Lumpr (KLIA). Diperkirakan, sabu yang disimpan dalam 310 batang spidol itu senilai RM400.000 ringgit.

Direktur Bea Cukai KLIA, Datuk Chik Omar Chik Lim, mengatakan, anggotanya mencurigai seorang wanita yang membawa koper pada 7 Januari 2014 malam lalu, pukul 23.40 waktu setempat. 

Saat dipindai melalui mesin x-ray, ditemukan 310 batang spidol di dalam kopernya. Selintas terlihat itu hanya spidol biasa. "Tetapi ketika kita diperiksa lebih dekat kami menemukan obat yang tersembunyi dalam spidol," kata Chik Omar, seperti dilansir The Star.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui jika perempuan yang sehari-hari bekerja sebagai pelayan itu baru pertama kali datang ke Malaysia. Wanita tersebut dibayar sebesar 10.000 yuan untuk mengantarkan barang haram dari Guangzhou itu ke Malaysia .

Chik Omar meyakini, sabu tersebut akan dikirimkan ke sindikat pengedar sabu di Malaysia.

Chik Omar mengatakan tren saat ini adalah menggunakan perempuan muda tampan dari Cina untuk menyelundupkan obat ke negara itu.

Meski Bea Cukai Malaysia sudah berkali-kali mengungkap kasus seperti ini, namun penyelundupan sabu melalui spidol merupakan modus pertama yang berhasil diungkap otoritas di Malaysia. (*)

Editor: Roelan