Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Stimulasi Otak untuk Dongkrak Prestasi Siswa
Oleh : Redaksi
Jum'at | 10-01-2014 | 10:30 WIB

BATAMTODAY.COM, London - Inggris menggunakan pendekatan canggih untuk mendongkrak pendidikan di negeri itu. Para pakar ilmu syaraf akan dikerahkan untuk ikut terlibat di sekolah-sekolah di Inggris untuk membantu meningkatkan prestasi.

Dana yang dianggarkan untuk program ini senilai £6 juta akan digunakan untuk penelitian terkait kinerja otak dan sejauh mana informasi yang dapat diserap anak-anak di sekolah. Penelitian ini termasuk bagaimana pengaruh kurang tidur terhadap otak.

Program yang didanai oleh Wellcome Trust dan Education Endowmnet Foundation ini merupakan wadah penelitian bagi para pendidik dan pakar syaraf.

Hilary Leevers dari Wellcome Trust mengatakan banyak penelitian terkait cara kerja otak namun studi ini tidak banyak berdampak pada prestasi anak di kelas.

Paul Howard- Jones dari Universitas Bristol mengatakan penerapan penelitian ilmu syaraf ini dapat meningkatkan prestasi murid. Contohnya kata Howard adalah peningkatan pelajaran matematika dapat ditingkatkan bila guru dapat memahami cara menstimulasi otak.

Ia mengatakan dampak kurang tidur terhadap fungsi otak juga dapat dipertimbangkan untuk menentukan lama pelajaran.

Kevin Collins, direktur Yayasan Education Endowment, mengatakan sekolah-sekolah perlu untuk menggunakan berbagai hasil penelitian. Collins mengatakan ada banyak tambahan seperti bermain musik dan minum banyak air yang dianggap sebagai sejumlah contoh untuk membantu proses belajar. (*)

Sumber: BBC