Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bandara Changi Singapura Bakal Tambah Gerbang Self-Boarding
Oleh : Redaksi
Jum'at | 27-12-2013 | 11:20 WIB
Terminal2Gates_ST.jpg Honda-Batam
Penumpang memindai sendiri boarding pass mereka di Terminal 2 bandara Changi. (foto: Straits Times)

BATAMTODAY.COM, Singapura - Bandara Changi di Singapura akan menerapkan layanan self-boarding di gerbang terminal mulai April tahun depan, menyusul pelaksanaan uji coba yang sukses. Dalam uji coba yang dilakukan belum lama ini, boarding-time bisa dipersingkat setengahnya.

Dikutip dari AsiaOne, dengan gerbang layanan self-boarding itu, waktu yang dibutuhkan menjadi lebih efisien karena penumpang bisa memindai tiketnya sendiri melalui mesin pembaca kode batangan (barcode) yang tersedia di situ sebelum naik ke pesawat. Staf maskapai (ground staff) juga disiagakan untuk membantu penumpang jika diperlukan.

Proses pemeriksaan juga dilakukan di gerbang tersebut untuk memverifikasi identitas penumpang dan memastikan bahwa barang terlarang tidak diangkut ke pesawat.

Changi Airport Group (CAG) dan maskapai Lufthansa maskapai telah memulai uji coba self-boarding tersebut di Terminal sejak 2 pada Mei lalu. "Hasilnya sungguh memuaskan," kata operator bandara.

Waktu untuk boarding pada pesawat Airbus A380 dengan 500 penumpang apat diselesaikan dalam 15 menit, turun separuhnya dari yang biasanya sekitar 30 menit. Sementara, staf di darat dapat melakukan tugas lain seperti menyediakan layanan penumpang.

Pihak CAG menyatakan, penerapan gerbang self-boarding itu dalam rangka untuk mengotomisasi proses di seluruh terminal di bandara Changi. Selain efisien, penerapan otomatisasi sistem ini juga membantu maskapai penerbangan untuk mengatasi krisis ketenagakerjaan menyusul arus penumpang yang terus meningkat.

Kemudian, pada Terminal 4 (T-4), diharapkan dapat memperbanyak pilihan layanan diri, mulai dari check-in, penurunan bagasi dan pemeriksaan imigrasi otomatis. Penerapan otomisasi pada T4 akan dilakukan pada 2017. (*)

Editor: Dodo