Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gaya Hidup Berubah, Penderita Kanker di Dunia Capai 14 Juta
Oleh : Redaksi
Jum'at | 13-12-2013 | 15:52 WIB

BATAMTODAY.COM - Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan, jumlah orang yang didiagnosis menderita kanker di seluruh dunia meningkat menjadi lebih 14 juta. Data pada tahun 2012 menunjukkan, dalam kurun waktu empat tahun sejak 2008, penderita kanker bertambah hampir 13 juta.

Selama kurun ini jumlah pasien yang meninggal akibat kanker juga naik dari 7,6 juta menjadi 8,2 juta orang. Naiknya penderita kanker disebabkan oleh perubahan gaya hidup orang-orang di negara berkembang.

Angka perokok naik, demikian juga dengan orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan.
Dari 14 juta penderita kanker di seluruh dunia, sebanyak 1,8 juta di antaranya (atau sekitar 13 persen) adalah kanker paru-paru yang biasanya disebabkan oleh kebiasaan merokok.

WHO juga mengumumkan kenaikan tajam penderita kanker payudara, yang sekarang diketahui sebagai jenis kanker yang paling paling ditemui di kalangan perempuan di 140 negara.

"Kanker payudara juga penyebab utama kematian akibat kanker di negara-negara berkembang," kata Dr David Forman, pejabat WHO yang aktif di lembaga internasional untuk kanker.

"Ada dua penyebabnya. Yang pertama perubahan gaya hidup dan kedua kemajuan teknologi belum sepenuhnya diterapkan untuk menangani kanker di negara-negara tersebut," katanya.

WHO memperkirakan angka penderita kanker akan naik menjadi 19 juta orang pada 2025. (*)

Sumber: BBC