Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liga Champions

Bantai Schalke, MU Hadapi Barcelona di Final
Oleh : Hendra Zaimi
Kamis | 05-05-2011 | 09:52 WIB

Manchester, batamtoday - Manchester "The Red Devils" United berhasil mengalahkan wakil Jerman Schalke 04 dengan skor telak 4-1 dalam laga leg kedua Semifinal Liga Champions di Stadion Old Trafford, Kamis, 5 Mei 2011. Kemenengan tersebut sekaligus mengantarkan MU lolos ke partai Final menghadapi Barcelona.

Walaupun bermain tanpa dua aktor utama kemenangan 2-0 di leg I semi-final Liga Champions, Ryan Giggs dan Wayne Rooney, Manchester United terbukti masih terlalu tangguh bagi Schalke 04.

Sepasang gol Anderson menyusul torehan Antonio Valencia dan Darron Gibson membuat United melenggang nyaman ke final dengan agregat 6-1. Die Knappen hanya bisa menggetarkan gawang Edwin van der Sar satu kali lewat Jose Manuel Jurado.

Schalke langsung mengambil inisiatif penyerangan di menit-menit awal. Wajar jika kans perdana pada partai yang dipimpin oleh wasit Pedro Proenca ini pun jatuh untuk tim besutan Ralf Rangnick. Di menit ke-8, Atsuto Uchida mengirim bola kepada Jefferson Farfan, tapi tendangan rendahnya masih melebar.

Meski digempur oleh serangan tim tamu, MU mulai bangkit menguasai permainan hingga pada akhirnya berbuah hasil di menit ke-26. Umpan terukur Darron Gibson diterima Antonio Valencia yang melesakkan bola di antara kedua kaki Manuel Neuer.

Selang lima menit kemudian, pendukung United kembali melompat girang ketika tendangan Gibson dari jarak sekitar 20 meter tak mampu ditangkap dengan sempurna oleh Neuer sehingga bola bergulir masuk ke gawangnya. skor 2-0 untuk keunggulan MU.

Belum puas dengan hasil tersebut, papan skor lagi-lagi berubah. Kali ini Schalke berhasil merubah keadaan setelah sapuan pendek Jonny Evans dimaksimalkan Jurado untuk melepas sepakan keras menembus gawang Van der Sar dan skor 2-1 bertahan sampai peluit babak pertama ditiupkan wasit Pedro Proenca.

Usai jeda, MU kembali memperoleh kans memperbesar skor. Dimitar Berbatov memberikan bola kepada Anderson di tepi kotak penalti Schalke. Bola hasil tendangan gelandang asal Brasil itu kemudian meluncur ke arah kanan atas gawang Die Koenigsblauen. Sayang, penyelamatan akrobatik Neuer mementahkannya.

Anderson akhirnya sukses masuk scoresheet di menit ke-72. Menyambut crossing dari Nani, pemain bernomor punggung delapan ini sempat kehilangan keseimbangan, tapi bangkit dengan cepat dan membobol gawang Neuer dari jarak dekat.

Empat menit kemudian, Anderson mencetak gol keduanya pada malam itu, juga dari jarak dekat. Kali ini Berbatov yang muncul sebagai pengirim assist sehingga skor kemenagan MU menjadi 4-1. Skor tak berubah hingga peluit panjang terdengar, dan United pun memperoleh kesempatan membalas dendam pada Barcelona 28 Mei mendatang.

Susunan pemain:

Man.United: 1-Edwin van der Sar; 22-John O’Shea, 12-Chris Smalling, 23-Jonny Evans, 21-Rafael (Evra 59'); 8-Anderson, 18-Paul Scholes (Fletcher 74'), 28-Darron Gibson, 17-Nani, 25-Antonio Valencia; 9-Dimitar Berbatov (Owen 77')

Schalke 04: 1-Manuel Neuer; 22-Atsuto Uchida, 4-Benedikt Hoewedes (Huntelaar 70'), 21-Christoph Metzelder, 3-Sergio Escudero; 17-Jefferson Farfan (Matip 75'), 14-Kyriakos Papadopoulos, 18-Jose Manuel Jurado, 11-Alexander Baumjohann (Edu 45'); 31-Julian Draxler, 7-Raul