Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Imbang Lawan Madrid, Barcelona Pastikan Diri ke Wembley
Oleh : Hendra Zaimi
Rabu | 04-05-2011 | 09:42 WIB

Barcelona, batamtoday - Barcelona memastikan langkah ke Partai Final Liga Champions 2010/2011 yang akan dilangsungkan di Stadion New Wembley, setelah pada leg kedua Semifinal berhasil menahan imbang rival abadi Real Madrid 1-1 Di Stadion Camp Nou, Rabu, 4 Mei 2011.

Barcelona langsung melakukan penyerangan, namun serangan baru tampak hidup pada menit 21, saat Sergio Busquets yang lepas dari kawalan Albiol, berhasil menyambut tendangan penjuru Xavi dengan tandukannya, namun bola masih tepat dalam jangkauan Casillas.

Memasuki setengah jam permainan, Barcelona yang mengendalikan penguasaan bola sejauh ini kembali memperoleh peluang melalui Lionel Messi yang menerima umpan David Villa, namun sayang tendangannya dari luar kotak penalti masih dapat ditangkap oleh Casillas.

Tidak lama kemudian kembali Messi melancarkan aksi individu-nya di kotak terlarang setelah menerima bola panjang dan dengan kontrol yang sempurna ia melepaskan tendangan datar, tetapi bola masih melebar ke samping kanan gawang.

Tekanan demi tekanan mulai dirasakan oleh Real Madrid, di mana setidaknya Casillas harus berjuang untuk menepis tendangan ke tiang jauh dari David Villa dan berikutnya sepakan Pedro Rodriguez, yang masih melebar ke kiri gawang.

Untuk ketiga kalinya Iker Casillas menggagalkan tendangan datar Lionel Messi yang diarahkan ke pojok kanan gawangnya, setelah sebelumnya menerima umpan Villa dari sisi kiri yang bekerja sama dengan Pedro Rodriguez.

Di menit-menit akhir babak pertama jual-beli serangan mulai mewarnai permainan cepat yang disajikan oleh kedua tim.. Skor 0-0 bertahan sampai peluit pertama berakhir ditiupkan wasit.

Usai jeda, Real Madrid mampu menjebol gawang Barcelona melalui aksi Higuain, namun wasit terlebih dulu meniupkan peluit setelah Ronaldo dianggap melakukan pelanggaran terlebih dulu kepada Mascherano yang sama-sama jatuh dalam mengejar bola.

Berawal dari serangan balik yang cepat di menit ke-54, Andres Iniesta menjadi otak terciptanya gol pembuka yang dilesakkan oleh Pedro, saat ia melepaskan diri dari jebakan off-side dan kemudian tendangannya ke tiang dekat tidak dapat diselamatkan Casillas, skor 1-0 untuk Barcelona.

Asisten pelatih Real Madrid, Aitor Karanka, terpaksa menarik Gonzalo Higuain, dan memasukkan tenaga baru Emmanuel Adebayor, untuk strategi permainan Madrid yang mengandalkan bola-bola udara.

Kecerobohan lini belakang Barcelona yang tidak sigap berhasil membuat Madrid mencuri gol di menit 63. Aksi Di Maria di kotak terlarang sempat melepaskan tendangan keras yang membuat Valdes terperangah, namun bola yang mengenai mistar kembali jatuh ke kakinya yang kemudian diteruskan Di Maria ke arah Marcelo yang langsung menceploskan bola.

Bermain dalam kondisi guyuran hujan yang cukup lebat membuat kedua tim kesulitan untuk mengontrol bola dalam kondisi basah.

Diharuskan mengejar defisit dua gol bila ingin meraih tiket ke partai puncak membuat Real Madrid kesulitan untuk membongkar pertahanan Barcelona di sisa menit-menit akhir, dan hasilnya Barcelona berhak melaju ke Wembley.

Susunan pemain:

Barcelona: Valdes, Dani Alves, Mascherano, Pique, Puyol (Abidal 90'), Xavi, Busquets, Iniesta, Villa (Keita 74'), Messi, Pedro (Afellay 90').

Real Madrid:Casillas, Arbeloa, Carvalho, Albiol, Marcelo, Diarra, Alonso, Ronaldo, Kaka (Oezil 60'), Di Maria, Higuain (Adebayor 55').