Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Karimun Jaring Atlet Berprestasi Melalui Marathon 10 Km
Oleh : Khoiruddin Nasution
Sabtu | 30-11-2013 | 19:26 WIB
IMG01943-20131129-0830.jpg Honda-Batam
Inilah pemenang lomba marathon 10 km.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sebanyak 345 pelajar mengikuti lomba marathon 10 km tingkat pelajar se-Kabupaten Karimun tahun 2013. Lomba ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat di Kabupaten Karimun agar dapat menanamkan semangat nasionalisme, kesatuan dan persatuan di antara sesama.

"Pelaksanaan kegiatan ini juga untuk menciptakan kesempatan berprestasi serta mengoptimalkan sumber daya pemuda dan olahraga ke arah tepat guna dan berdaya guna, sehingga dapat memperluas jaringan kemitraan di bidang olahraga dalam usaha memajukan daerahnya," ujar Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga (Kakanpora) Kabupaten Karimun, Umar, Sabtu (30/11/2013) di Panggung Rakyat Sri Kemuning Coastal Area Karimun.

Menurutnya, program pembinaan dan pemasyarakatan olahraga merupakan upaya utama yang senantiasa berada pada lini terdepan bagi pembinaan olahraga dan perkembangan olahraga di Kabupaten Karimun.

Jika dilihat dari dasawarsa terakhir, Kabupaten Karimun sedikit mengalami kemajuan. Sehingga potensi itu merupakan modal utama bagi tersedianya SDM, sebagai penggerak dan penopang pembangunan pemuda dan olahraga.

"Permasalahannya adalah kemajuan olahraga ditentukan oleh bagaimana mereka merancangnya," jelasnya.

Kegiatan itu merupakan salah satu program penguatan wawasan kebangsaan dan peningkatan kreativitas para peserta lomba. Dengan harapan, melalui kegiatan itu dapat terjadi transformasi nilai-nilai prestasi olahraga dan potensi olahraga, khususnya di Kabupaten Karimun.

Sehingga, program permasalahan olahraga dalam menopang terwujudnya kemandirian bangsa, dapat berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan yang telah ditentukan.

Maka dari itu, untuk menumbuhkembangkan prestasi olahraga di lembaga pendidikan pada setiap jalur pendidikan, dapat dibentuk unit kegiatan olahraga, kelas olahraga serta diselenggarakannya kompetisi olahraga yang berjenjang dan berkelanjutan. Sehingga pencerminannya akan menjadi 'faktor determinan' dalam mendorong kemajuan dunia olahraga di Kabupaten Karimun.

"Hasil yang diharapakan nantinya adalah adanya peran Pemda melalui Kanpora untuk meningkatkan pembinaan dan pemasyarakatan olahraga," ujarnya lagi.

Bahkan, berkembangnya wawasan pelaku olahraga, para manager dan para atlet daerah dalam upaya meningkatkan kapasitasnya, sebagai bekal kemandirian dalam kebangkitan olahraga.

Pantauan BATAMTODAY.COM, dari 345 pelajar yang mengikuti perlombaan itu, 57 orang diantaranya siswa SD. Lalu untuk tingkat SMP sebanyak 138 siswa dan SMA 157 siswa.

Untuk tingkat SD jarak tempuhnya 5 kilometer. Sedangkan tingkat SMP dan SMA menempuh jarak 10 km. Sementara itu, atlet dari Kecamatan Moro mendominasi sebagai peraih juara untuk katagori putra dan putrinya.

Kegiatan itu sendiri untuk menjaring atlit yang nantinya dijadikan sebagai perwakilan Kabupaten Karimun pada ajang  kejuaraan Porda, yang akan di gelar pada 2014 mendatang di Kabupaten Karimun. (*)

Editor: Dodo