Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tanjungpinang Baru Punya Enam Dokter Spesialis Anak
Oleh : Agus Hariyanto
Kamis | 21-11-2013 | 19:09 WIB
idai-pa-jadwal-imunisasi.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, mengatakan, kebutuhan dokter spesialis anak masih besar. Ribuan pasien penyakit anak tiap bulannya hanya ditangani oleh enam dokter spesialis anak.

"Kalau ditotal, adalah ribuan pasien penyakit anak di Tanjungpinang, baik yang rawat jalan maupun rawat inap. Minimal, kita butuh 30 dokter spesialis anak. Tapi, saat ini yang ada baru enam dokter spesialis anak yang ada di Tanjungpinang," ujar Rustam, menyikapi peningkatan pasien penyakit anak yang meningkat beberapa bulan belakangan akibat musim pancaroba, kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (21/11/2013).

Dia mengaku maklum jika antrean berobat di tempat-tempat praktik dokter spesialis anak selalu membludak. Bahkan, ada dokter spesialis anak yang terpaksa melayani sampai "tiga shift" di tempat praktiknya.

Meski demikian, Rustam mengakui hanya bisa pasrah. Usulan untuk meminta sejumlah dokter, termasuk dokter spesialis anak ke Kementerian Kesehatan RI hingga kini belum terealisasi.

Berdasarkan catatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang 2011, jumlah penduduk usia 0 - 4 tahun mencapai 15.226 jiwa. Meski ada yang berobat ke Puskesmas atau tempat lain, namun orang tua cenderung berobat ke dokter spesialis anak jika anak mereka terutama bayi membutuhkan pengobatan medis. 

Tidak heran jika tempat-tempat praktik dokter spesialis anak hampir saban hari selalu banjir pasien. Apalagi, selama musim pancaroba seperti beberapa bulan belakangan.

Direktur RSUD Tanjungpinang, dr Eka Hanasarianto, mengakui adanya peningkatan jumlah pasien anak belakangan ini akibat cuaca yang sering berubah-ubah. "Memang, belakangan ini ada sedikit peningkatakan jumlah pasien anak (di RSUD) akibat musim pancaroba," katanya. (*)

Editor: Dodo