Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cegah DBD, Warga Batam Diimbau Lakukan 3M
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 15-11-2013 | 18:12 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjangkitnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Batam membuat Dinas Kesehatan setempat mengimbau warga melakukan antisipasi dan waspada.

Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Batam, Sri Rupiati mengatakan salah langkah yang harus dilakukan warga dalam mengantisipasi DBD adalah melakukan 3M yakni menutup, menguras dan menutup

Dengan melakukan 3M ini paling tidak akan bisa menghambat perkembangbiakan nyamuk Aedes Aigepty sejak awal. Sebab nyamuk ini sangat subur berkembang biak di tempat-tempat genangan air yang tak langsung bersentuhan dengan tanah.

"Perkembangan nyamuk ini bisa dihambat dengan melakukan 3M karenanya masyarakat diminta untuk menjaga kebersihan lingkungannya," ujar Sri kepada BATAMTODAY.COM, belum lama ini.

Pengalaman menunjukkan, kata dia, jika satu kawasan ada yang terserang DBD maka warga di kawasan ini harus ekstra waspada karena biasanya nyamuk tersebut tidak hanya menggigit satu orang saja.

Hal ini mengingat jangkauan terbang nyamuk aedes aigepty cukup jauh bisa mencapai 100 meter. Dengan jelajah terbang tersebut, bisa saja nyamuk itu menyebarkan virus tak hanya di satu orang saja apalagi jika berada di kawasan padat penduduk.

"Dinkes setiap minggunya selalu melakukan sosialisasi 3M ke pemukiman yang rawan terkena demam berdarah. Tidak hanya untuk warga yang tinggal di kawasan padat penduduk melainkan juga di tempat tempat lainnya yang dikenal lebih bersih sebab nyamuk tersebut tidak pandang bulu dalam menggigit mangsanya," kata dia.

Editor: Dodo