Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Targetkan 100 Kantong Darah

PSMTI Gelar Aksi Sosial Donor Darah
Oleh : sumantri
Minggu | 01-05-2011 | 15:23 WIB
Aksi_Donor_Darah.jpg Honda-Batam

Aksi Bakti Sosial Yang diselenggarakan oleh PSMTI Kota Batam Di Kepri Mal, Minggu 01 Mei 2011

Batam, batamtoday - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Batam kembali mengadakan aksi sosial donor darah pada hari ini Minggu, 1 Mei 2011 di atrium utama Kepri Mal Batam. Bakti sosial yang diselenggarakan secara rutin berkala ini adalah guna memenuhi kebutuhan darah Palang Merah Indonesia Batam.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Bakti Sosial PSMTI, Kiatwansyah Yasmin, di sela-sela acara. Bakti sosial PSMTI Batam kali ini juga dimeriahkan oleh workshop terbuka bagi pengunjung Kepri Mal dengan menghadirkan Dr. Hendri Hartono, praktisi kesehatan, sebagai pembicara dengan mengangkat tema "Donor Darah yang Sehat dan Menyehatkan".

Menurut Kiatwansyah, kebutuhan darah di Kota Batam rata-rata 500-600 kantong per bulan. "Sejauh ini kita selalu berkoordinasi dengan PMI Kota Batam untuk mengetahui ketersediaan darah, dan diketahui kebutuhan darah untuk Kota Batam mencapai 500-600 kantong darah untuk berbagai keperluan dari mulai proses persalinan, kecelakaan hingga pemenuhan kebutuhan untuk kasus penyakit spesifik yang membutuhkan darah," papar Kiatwansyah, kepada batamtoday, Minggu, 1 Mei 2011.

Sementara itu, PMI sendiri ungkap Kiatwansyah membutuhkan pasokan yang intens dari berbagai LSM dan institusi sejenis PSMTI untuk pemenuhan kebutuhan darah. Darah-darah yang diperoleh dari berbagai kegiatan sosial, kemudian ditampung dan diperiksa kelayakannya sebelum didistribusikan kerumah sakit, klinik kesehatan dan pusat pengobatan lain.

Donor darah, ungkap Dr. Hendri Hartono, selain bermanfaat untuk yang membutuhkan, donor juga sangat menyehatkan, karena sejatinya tubuh secara otomatis akan mengganti sel-sel darah baru melalui sumsum tulang belakang. Donor darah yang efektif dilakukan sebaiknya dilakukan rutin selama 4 kali dalam satu tahun atau 3 bulan sekali.

Jumlah darah yang di donorkan biasanya sebanyak 1 kantung atau 300 cc dan maksimal pengambilan darah adalah 2 kantong.Bakti sosial yang berlangsung di atrium Kepri Mal hari ini, ditargetkan dapat mengumpulkan 100 hingga 120 kantung darah. Acaranya sendiri akan berlangsung hingga pukul 15.00 wib.

Dengan rutin melakukan donor darah maka tubuh kita akan terjaga kesehatannya, sekaligus dapat meringankan beban masyarakat yang membutuhkam darah. Karena 'Setiap Tetes Darah Yang Kita Sumbangkan, adalah Nyawa Bagi Yang Membutuhkan'.