Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penerapan e-KTP di Karimun Dimulai Tahun Depan
Oleh : Alrion / Dodo
Jum'at | 29-04-2011 | 15:56 WIB

Karimun, batamtoday - Pemerintah Kabupaten Karimun merencanakan penerapan Kartu Penduduk Elektronik (e-KTP) akan dimulai pada tahun 2012 mendatang, untuk itu Badan Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil) Karimun melakukan berbagai persiapan, dengan melakukan pelatihan semua pegawai yang terlibat dalam proses pembuatan e-KTP

"Tahun depan kami bakal menerapkan identitas penduduk dengan sistem online, makanya kami terus melakukan persiapan," kata M. Hasbi, Kepala Badan Kependudukan, Capil dan Keluarga Kabupaten Karimun dalam perbincangan dengan batamtoday, Jumat, 29 April 2011.

Hasbi mengatakan dalam persiapan itu nantinya yang dilatih, tidak hanya pegawai di tingkat Kabupaten saja namun juga pegawai di tingkat Desa/Kelurahan serta Kecamatan pada tahun 2012 mendatang juga dilatih. Langkah lain seperti mobilisasi massa juga disiapkan. 

e-KTP yang merupakan identitas dengan berbasis sidik jari dan chip itu diharapkan akan lebih memudahkan pembuatan KTP sekaligus memudahkan pemerintah dalam meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

Menurut Hasbi jika tidak ada kendala, pembuatan e-KTP dapat dilakukan dengan satu hari. Untuk itu pihak pemerintah sudah menyediakan kamera untuk pengambilan gambar (foto) di semua Desa/Kelurahan dan Kecamatan. Sedangkan warga pemilik KTP lama, tidak perlu kuatir dengan pemutihan KTP lama, karena biayanya gratis.

Sementara peralatan atau fasilitas pendukung penerapan e-KTP, semua disiapkan Pemerintah Pusat, mulai dari blanko e-KTP, scanner dan yang lain.

"Karena untuk peralatan itu semua tanggung jawab Pemerintah Pusat," urai Hasbi.

Pemerintah daerah hanya menyiapkan sumber daya manusia, dan dirinya merasa yakin itu akan berhasil di Karimun, namun yang menjadi kendalanya adalah jaringan penerapan sistem KTP online.

"Kalau jaringan bagus dan koneksi cepat, maka e-KTP dapat selesai satu hari," pungkas Hasbi.