Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Piala Liga Inggris

Bungkam Newcastle, Citizen Tembus Delapan Besar
Oleh : Redaksi
Kamis | 31-10-2013 | 10:42 WIB

BATAMTODAY.COM - Satu tempat di putaran delapan besar Capital One Cup alias Piala Liga Inggris dipastikan menjadi milik Manchester City setelah melewati hadangan Newcastle United.

Bertandang ke St. James' Park pada Kamis (31/10/2013) dinihari WIB, The Citizens membukukan kemenangan 2-0 dalam laga yang harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Setelah kebuntuan tak juga terpecahkan dalam 90 menit, gol-gol Alvaro Negredo dan Edin Dzeko di babak tambahan menentukan hadirnya tiket perempat-final buat tim besutan Manuel Pellegrini.

Babak Pertama

Bermain dengan pasukan pelapis,  Manchester City terlihat kesulitan  mengembangkan permainan, bahkan kerap  berada dalam tekanan Newcastle.

Kans bagus pertama di laga ini pun  tercipta buat The Magpies pada menit  kedelapan.

Beruntung bagi City, tendangan Papiss  Cisse usai menerima bola dari Shola  Ameobi masih menyamping tipis dari  gawang Costel Pantilimon.

Selanjutnya, Cisse memperoleh peluang  lagi di menit ke-16, namun upayanya  kali ini dapat diblok oleh Dedryk  Boyata.

The Eastlands sendiri relatif minim  kesempatan bersih dan terlihat kurang  tajam untuk membongkar pertahanan  Newcastle walau lebih banyak menguasai bola.

Di sisa babak pertama, kubu tamu terus menerima ancaman, namun penyelesaian buruk para pemain Newcastle plus ketangguhan Pantilimon menjaga skor 0-0 bertahan.

Babak Kedua

Awal babak kedua masih menjadi milik Newcastle. Peluang kembali dihasilkan dari tendangan jarak jauh Vurnon Anita yang masih dapat diantisipasi Pantilimon.

Terus berada dalam tekanan, City perlahan-lahan mulai bangkit dan membangun dominasi.

Sepasang kans beruntun datang dari Jesus Navas dan Micah Richards, namun  yang pertama kandas oleh penyelamatan Tim Krul sementara yang kedua luput dari sasaran.

Di tengah babak kedua, Pellegrini menyuntikkan David Silva untuk membantu meningkatkan intensitas dan kreativitas serangan City. Keputusan baik karena pasukan Eastlands jadi lebih bertaji.

Menginjak seperempat jam akhir laga, City kembali memperoleh dua kesempatan dalam jarak berdekatan, namun lagi-lagi seluruhnya gagal membuahkan gol.

Sundulan Edin Dzeko masih melenceng, dan upaya Negredo mengelabui Tim Krul dengan tendangan chip bisa diselamatkan sang kiper.

Kubu Newcastle sendiri masih melepas sejumlah serangan berbahaya ke pertahanan City, tetapi belum ada gol tercipta. Duel pun disambung ke perpanjangan waktu.

Perpanjangan Waktu

Meski, lagi-lagi, menerima tekanan Newcastle di awal extra time, pada akhirnya City-lah yang berhasil memecahkan kebuntuan di laga ini.

Berawal dari umpan Silva, Dzeko merangsek ke pinggir kotak penalti sebelum menyodorkan bola untuk dituntaskan Negredo (99').

Tepat sebelum babak I perpanjangan waktu berakhir, kubu tamu menambah angka lewat Dzeko.

Kombinasi James Milner dan Silva diakhiri nama pertama dengan umpan terobosan kepada Dzeko. Striker Bosnia ini dengan mudah mengelabui Krul sebelum menceploskan bola ke dalam gawang.

Newcastle berusaha keras membalas, namun keunggulan City terus bertahan hingga pertandingan usai.

Sumber: goal.com