Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiba di Tanjungpinang, Buruh SPSI Pariwisata Dikawal Ketat Polisi
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 30-10-2013 | 11:55 WIB
spsi phi.jpg Honda-Batam
Puluhan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Pariwisata (F-SP-Pariwisata) SPSI Batam langsung dikawal ketat aparat Kepolisian dari Polresta Tanjungpinang begitu tiba di Pelabuhan Sri Bintan Pura.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Puluhan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Pariwisata (F-SP-Pariwisata) SPSI Batam langsung dikawal ketat aparat Kepolisian dari Polresta Tanjungpinang begitu tiba di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Rabu(30/10/2013). Mereka hendak melakukan aksi di depan Kantor Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).

Setelah sampai di PHI Tanjungpinang, Jalan Agus Salim, puluhan buruh langsung dihalau, dan disarankan anggota Kepolisian, untuk menaiki 3 unit kendaraan menuju Pengadilan Negeri Tanjungpinang.

Ketua DPC F-SP-Pariwisata SPSI Batam, Subri Wijanarko mengatakan, pelaksanaan demo dilakukan sebagai solidaritas seluruh pekerja, terhadap nasib temannya sesama buruh, yang melakukan peradilan di PHI. Namun peradilan itu diduga sarat dengan permainan, dan keterlambatan serta tidak transparan, sebagaimana yang dilakukan Hakim PHI.

"Hari ini, kami dari Federasi Serikat Pekerja Pariwisata SPSI Batam,  DPC TSK DPC NIBA, DPC Brigade KSPSI Batam akan melakukan demo, meminta transparansi, dan percepatan, dalam proses hukum teman kami yang saat ini akan diputus di PHI Tanjungpinang," kata Subri.

Selama ini, tambah Subri, pihaknya melihat dan memantau pelaksanaan sidang yang dilakukan Hakim PHI Tanjungpinang tidak transparan, lambat dan terkesan diulur-ulur. Sehingga rekan mereka sebagai penggugat dalam perkara 18 antara karyawan melawan perusahaan Indah Puri Golf, sampai saat ini sampai saat ini belum dilakukan putusan.

"Atas dasar ini, kami meminta kepada Ketua PHI dan PN Tanjungpinang, agar mengontrol peradilan PHI, hingga berlangsung secara adil dan transparan," ujarnya.

Dari PHI, seluruh buruh ini langsung menuju PN Tanjungpinang dan hingga saat ini mereka masih melakukan demo serta orasi di PN Tanjungpinang.

Editor: Dodo