Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Platini Usulkan Piala Dunia Diikuti 40 Tim
Oleh : Redaksi
Selasa | 29-10-2013 | 11:06 WIB
platini.jpg Honda-Batam
Presiden UEFA, Michael Platini. (Foto: dailymail)

BATAMTODAY.COM - Presiden UEFA, Michael Platini, mengusulkan ekspansi peserta Piala Dunia dari 32 menjadi 40 tim, Selasa (29/10/2013). Itu dilakukan Platini menanggapi rencana Presiden FIFA, Sepp Blatter, untuk mengurangi peserta Piala Dunia dari Eropa dan Amerika Latin.

Dalam kolomnya di FIFA Weekly inaugural issue, Sabtu lalu, Blatter mengatakan akan mengurangi jumlah peserta Eropa dan Amerika Latin dengan menggunakan parameter jumlah federasi. Jatah yang dikurangi itu akan diserahkan ke Asia dan Afrika. "Sepak bola harus lebih global dan proporsional," kata Blatter.

Menurut Platini, dengan menjadi 40 peserta, akan ada penambahan 2 peserta masing-masing dari Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika Latin. "Saya suka dengan ide menambah peserta menjadi 40 tim. Akan ada penambahan masing-masing dua dari Afrika, Asia, Eropa, dan Amerika Latin," kata Platini pada the Times.

Konsep peserta 40 tim sebenarnya tak berdampak apa-apa bagi program globalisasi yang dicanangkan Blatter. Sebab, Eropa dan Amerika Latin yang memiliki konfederasi lebih sedikit dibandingkan Asia-Afrika, tidak mendapatkan pengurangan namun malah mendapatkan tambahan.

Menurut Blatter, ia mempertimbangkan asas keadilan bagi Asia dan Afrika yang jauh lebih banyak negara anggota FIFA namun malah sedikit diwakili di Piala Dunia.

"Kenaikan jumlah peserta menjadi 40 negara kalau bisa dimulai di Piala Dunia Russia 2018. Jumlah anggota FIFA sekarang 209 negara dan akan terus berkembang. Ada banyak negara, kenapa mesti dikurangi. Ditambah saja akan lebih baik. Efeknya, Piala Dunia akan bertambah 3 hari, namun itu akan membuat banyak orang senang," kata Platini.

Sumber: bolanews.com