Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Operasi Lilin, Polda Kepri Kerahkan 1.215 Personil
Oleh : Ali
Senin | 06-12-2010 | 18:36 WIB

Batam, Batamtoday - Guna pengamanan perayaan Hari Raya Natal 25 Desember 2010 dan Tahun Baru 1 Januari 2011, Polda Kepri menggelar Operasi Lilin. Dalam Operasi Lilin kali ini, Polda Kepri mengerahkan 1.215 personilnya dari 3.700 personil yang dimiliki.

"Jauh hari sebelum hari H, pengamanan ini sudah menjadi agenda Polri dalam hal ini Polda Kepr," kata Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono di ruangan kerjanya.

Ditambahkannya, dalam pengamanan ini, tidak hanya terfokus pada tempat-tempat ibadah (gereja. red) tetapi juga akan difokuskan pengamanan di tempat-tempat yang dianggap rawan, yang ada di seluruh Kepulauan Riau.

"Dan juga akan difokuskan pada tempat  keramaian, seperti di pelabuhan, pasar, mall, dan tempat keramaian lainnya," tutur Hartono.

Anggota inti, lanjutnya, sudah mulai bergerak untuk memantau di setiap lokasi yang dianggap rawan. Peran satu sama lain sangat perlu untuk pengaman ini, tambahnya.

"Walau TNI dan pemeritah kota/kabupaten ikut berperan dalam pengamanan, namun itu semua  tidak akan optimal apabila tidak ada peran dari masyarakat," ungkapnya.

"Polisi bisa sampai di mana (pengamanan, red) bila tidak ada masyarakat yang membatu," tambah Hartono.

Selain Operasi Lilin 2010 nanti, setiap hari Polda Kepri telah mengerahkan anggotanya untuk melakukan patroli di setiap lokasi yang dianggap rawan terhadap tindakan kriminal.

"Setiap hari, mulai sekitar pukul 22.00 WIB anggota di lapangan selalu melakukan patroli atas penyakit masyarakat (Pekat), dan juga razia senpi, sajam. serta kendaraan bermotor," ungkapnya.