Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liga Champions Eropa

Manchester United Dimenangkan Gol Bunuh Diri
Oleh : Redaksi
Kamis | 24-10-2013 | 09:56 WIB

BATAMTODAY.COM, Manchester - Manchester United mendulang tripoin dari Real Sociedad dalam laga lanjutan Liga Champions di Old Trafford, Kamis (24/10/2013) dini hari WIB, berkat sebiji gol bunuh diri. Meski hegemoni United tak terbantahkan di laga ini, tapi peluang demi peluang nyatanya tak mampu berujung gol, hingga akhirnya Setan Merah harus puas meraih kemenangan tipis dari gol bunuh diri.

Tambahan tiga angka ini membuat United merebut tampuk Grup A dari Shakhtar Donetsk dengan nilai tujuh, meninggalkan Sociedad di dasar klasemen dengan nilai nol.

Babak pertama

Laga baru berjalan dua menit, publik Old Trafford langsung pecah tatkala Inigo Martinez mencetak gol bunuh diri. Berawal dari pergerakan Wayne Rooney ke box lawan lalu dia melepas tendangan keras, pertama membentur tiang, kedua bola pantulan itu mengenai tubuh Martinez dan malah masuk ke gawang sendiri.

United semakin percaya diri. Di menit ketujuh mereka melanjutkan tekanan. Shinji Kagawa mengayun crossing datar ke mulut gawang, sayangnya bola tak terkoneksi baik dengan Javier 'Chicharito' Hernandez.

Sociedad coba keluar dari tekanan dua menit berselang. Bergara mendapatkan kans, hanya saja tendangan kencangnya dapat diblok, dan berujung corner.

Rooney kembali menebar teror di menit ke-14. Memaksimalkan umpan silang dari Rafael, sang penyerang menyambutnya dengan sambaran keras, hanya saja Bravo sigap menyelamatkan pertahanan tim tamu.

Penyerang Inggris itu lagi-lagi membuat pertahanan Sociedad ketar-ketir. Kali ini dia melakukan tendangan salto di menit ke-18 melanjutkan umpan diagonal Valencia. Hasilnya? Melayang.

Di menit ke-20 Chicharito mencetak gol kedua bagi United. Sayang, dianulir karena penyerang Meksiko ini lebih dulu dinyatakan terperangkap offside.

Pelan-pelan Sociedad berusaha mengimbangi permainan United. Seferovic mendapat kans di menit ke-29 lewat tendangan dari luar kotak penalti. Akan tetapi laju bola masih memudahkan De Gea untuk menepisnya.

Demikian juga dengan kesempatan yang dilewatkan Griezmann di menit ke-35 saat tendangan bebasnya dapat dihalau dengan baik oleh De Gea. Nyaris saja!

Lima menit sebelum turun minum United berupaya mencari gol pengganda. Ryan Giggs mengirimkan bola dari situasi tendangan penjuru, Jones mampu menanduknya, hanya bola menjurus tinggi di atas mistar gawang.

Griezmann kembali membuat jantung publik Old Trafford berdebar kala sepakan bebasnya hampir merobek gawang De Gea. Untungnya, hanya menabrak tiang.

Hingga kedua tim masuk ke ruang ganti, papan skor masih menunjukkan keunggulan 1-0 United.

Babak kedua

Sociedad bergerak lebih dulu di paruh kedua. Seferovic menyentak pertahanan United dengan kiriman tembakan keras di depan box tuan rumah. Hanya saja masih membentur bodi Jones. Tendangan penjuru.

Jones kembali gagal menanduk bola dengan maksimal di menit ke-54. Bravo menggagalkan usaha sang bek dari jarak dekat.

Dua menit berlanjut, Zurutuza mendentumkan tendangan bebas. Papan skor belum jua berubah. Usaha tadi hanya berujung tendangan gawang bagi United.

Tekanan anak-anak Basque belum surut. Sekarang giliran De La Bella menyepak bola dari celah sempit. Beruntung, tiang gawang masih menjadi penyelamat United.

Memasuki menit ke-62, United gantian menyerang pertahanan Sociedad. Rooney melayangkan umpan tembusan ke arah Valencia yang dilanjutkannya dengan tendangan yang masih menabrak tiang, bola rebound lantas disosor Kagawa. Tapi pemain Jepang itu tak berhasil mengarahkan si kulit bundar ke sasaran, ada Martinez memblok.

Kagawa lagi menyia-nyiakan kans usai menerima sodoran dari Valencia. Saat sudah berada di depan gawang lawan, dia terlalu lama mengendalikan bola sebelum akhirnya diredam Martinez.

Usaha Rooney di menit ke-72 juga belum membuahkan hasil manis. Dentuman sang penyerang Inggris masih melebar dari sasaran.

Sociedad kembali menghidupkan serangan mereka di menit ke-80 lewat sebuah tendangan bebas yang dieksekusi Ruben Padro. Sayangnya, upaya pemain pengganti itu belum juga memberikan harapan bagi wakil Spanyol ini.

Jual beli serangan! Dua menit kemudian Rooney lagi-lagi memperoleh kans di depan kotak penalti Sociedad. Dia menyepak bola dengan cukup ambisius, namun belum berhasil menaklukkan Bravo.

Di empat menit terakhir, Ashley Young gagal menerima bola di mulut gawang setelah Rooney mengirimkannya dengan sangat baik. Bravo lebih dulu mengamankan bola.

Hingga peluit panjang ditiupkan, tak ada lagi gol tambahan. United menang tipis 1-0.

Sumber: goal.com