Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liga Champions Eropa

Arsenal Tumbang di Emirates Stadium
Oleh : Redaksi
Rabu | 23-10-2013 | 11:33 WIB

BATAMTODAY.COM - Di luar dugaan, Arsenal harus menelan pil pahit kala ditumbangkan Borussia Dortmund 2-1 di Emirates dalam matchday 3 Liga Champions, Rabu (23/10/2013) dini hari WIB. Saat pertandingan sepertinya bakal berakhir sama kuat, Robert Lewandowski muncul di 10 menit terakhir untuk menjadi pahlawan kemenangan BVB.

Hasil positif ini membuat Dortmund memuncaki Grup F, menggeser Arsenal ke posisi kedua. Tapi kedua tim memiliki torehan poin yang sama, yakni enam. Hanya berselisih produktivitas gol saja.

Babak pertama

Arsenal langsung disentak oleh sebuah peluang dari anak-anak Dortmund di menit keenam. Sven Bender mengontrol bola dari luar box The Gunners sebelum melesatkan tembakan jarak jauh. Sayang, masih melambung.

Tuan rumah bereaksi di menit ke-10. Serangan balik cepat digalang Mesut Ozil yang bekerja sama dengan Thomas Rosicky dan Bacary Sagna. Nama terakhir namun telat mengirim bola kepada Olivier Giroud yang berdiri di posisi ideal di depan gawang.

Semenit berselang, Marco Reus kembali membuat pertahanan Arsenal harus bekerja ekstra. Kali ini dia mencoba mendentumkan bola dari jarak 20 meter usai menerima sodoran dari Nuri Sahin, hasilnya melebar.

Pada menit ke-16, gawang Arsenal malah jebol duluan gara-gara belunder barisan belakang. Maksud hati para bek The Gunners mengocok bola di area pertahanan sendiri, pemain Dortmund sukses merebut sebelum Robert Lewandowski menyodorkan pada Henrikh Mkhitaryan yang menuntaskannya menjadi gol pembuka. Emirates tercengang.

Arsenal coba mencari celah untuk menyeimbangkan kedudukan. Pada menit ke-22 Arsenal mendapatkan sebuah momentum. Sayangnya, sepakan bebas Ozil yang diteruskan dengan sundulan Laurent Koscielny masih melayang di atas mistar.

Kiper Widenfeller nyaris membuat papan skor berubah jadi sama kuat di menit ke-25 kala dia tak dengan sempurna mengontrol bola. Beruntung, dia dengan reaktif segera kembali menangkap si kulit bulat.

Sejurus kemudian, giliran Lewandowski berupaya menjebol gawang tuan rumah. Tapi kontrol bola yang dilakukan si striker masih bisa dihentikan Mertesacker sebelum terjadi peluang yang lebih berbahaya.

Gantian peluang diperoleh Arsenal di menit ke-28 saat Jack Wilshere meneruskan umpan dari Rosicky. Namun Weidenfeller keluar dari sarangnya dengan cepat untuk menyapu aksi dari Wilshere. Sang gelandang muda Inggris itu pun gagal.

Demikian halnya dengan Aaron Ramsey di menit ke-31. Lagi lewat servis dari Rosicky, Ramsey berada di posisi ideal untuk menyepak bola, akan tetapi usahanya menyamping dari sasaran.

Setelah menyervis, giliran Rosicky berupaya mencetak gol pada menit ke-37. Sang gelandang melepaskan tembakan yang cukup ambisius, namun mendapatkan halauan dari bek Dortmund.

Empat menit sebelum turun minum Arsenal tak melewatkan sebuah kesempatan. Berawal dari umpan silang Sagna yang salah diantisipasi Subotic, membuat Olivier Giroud mudah menumbangkan kiper Weidenfeller.

Babak kedua

Tuan rumah mengambil serangan lebih dulu di awal-awal babak kedua lewat kerja sama berbahaya Ramsey dan Wilshere. Namun aksi dua pemain itu belum bisa mengubah papan skor.

Dalam tempo dua menit 57-59, kedua tim saling jual-beli serangan. Arsenal lewat aksi Wilshere-Giroud dan Dortmund via Reus. Sayang, keduanya belum jua berujung gol.

Menginjak menit ke-66 Arsenal sejatinya mampu membalikkan keadaan lewat aksi dari Ramsey. Sayang, gol tersebut dianulir karena Mertesacker dinyatakan lebih dulu membuat sebuah pelanggaran.

Dua menit selanjutnya giliran Cazorla beraksi. Tiang gawang menjadi penggagal upaya tendangan gelandang Spanyol itu, yang menerima bola dari Ozil.

Cazorla lagi menebar teror di pertahanan Dortmund pada menit ke-75. Pergerakannya diakhiri dengan sebuah tendangan cukup terukur, tapi sebelum mengarah ke gawang, Subotic memotongnya. Hampir saja!

Tandukan Giroud juga belum mampu mengubah keadaan usai menerima bola dari Sagna di menit ke-78. Ramsey coba mengejar hasil sunduan Giroud yang lemah tadi, tapi Widenfeller bergerak cepat lebih dulu mendekap bola.

Seolah lupa bertahan, di menit ke-82 Arsenal dikejutkan gol kedua Dortmund melalui aksi dari Lewandowski. Sapuan penyerang Polandia itu, usai memaksimalkan umpan silang dari Grozkreutz, tak kuasa dibendung kiper Szczesny. 2-1 untuk Dortmund, publik tuan rumah pun terdiam seketika!

Bukannya kejar setoran, Arsenal malah terus tersudut. Reus mengeksekusi bola mati, beruntung upaya tadi bisa digagalkan benteng Arsenal yang menyapu keluar area. Sampia peluit panjang, kedudukan 2-1 untuk Dortmund bertahan.

Sumber: goal.com