Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Barcelona Tatap Wembley

Dua Gol Messi, Luluh Lantakan Los Galaticos
Oleh : Hendra Zaimi
Kamis | 28-04-2011 | 08:47 WIB

Madrid, batamtoday - Dua gol dari striker asal Argentina, Lionel Messi mengantarkan Barcelona meluluh lantakan rival abadi mereka Real Madrid dengan skor 2-0 pada leg pertama Semifinal Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Kamis, 28 April 2011.

Dengan kemenangan 2-0 ini membuat El Barca telah menjejakkan satu kaki di final Liga Champion yang akan diselenggarakan di Stadion New Wembley pada 28 Mei 2011 mendatang, Madrid dituntut menang dengan selisih tiga gol ketika ganti dijamu Los Azulgranas di Stadion Nou Camp.

Azzulgrana langsung keluar menyerang sejak awal dan mampu menguasai jalannya pertandingan. Laga baru berjalan 10 menit, Barca hampir unggul andai tendangan kaki kiri David Villa tidak melebar dari gawang Madrid yang dikawal Iker Casillas.

Peluang emas kembali didapat Barca pada menit 24 saat umpan matang Messi membuat Xavi Hernandez lepas dari jebakan off-side. Sayangnya tendangan Xavi masih bisa digagalkan Casillas. Madrid sendiri kesulitan keluar dari tekanan Barca. Peluang paling emas Madrid datang di akhir babak pertama namun tidak berarti.

Pada saat turun minum, kiper cadangan Barca Jose Pinto mendapat kartu merah akibat insiden di lorong menuju ruang ganti. Usai jeda, situasi tidak banyak berubah. Barca tetap mengendalikan jalannya pertandingan. Namun pasukan Josep Guardiola kesulitan menembus kokohnya pertahanan Madrid.

Petaka menimpa Madrid di menit 61. Pelanggaran brutal Pepe terhadap Daniel Alves membuat wasit Wolfgang Stark menghadiahinya kartu merah langsung. Kesal dengan keputusan wasit asal Jerman itu, pelatih Madrid Jose Mourinho melancarkan protes. Mourinho pun juga diusir sang pengadil.

Keunggulan jumlah pemain ini membuat Barca makin leluasa menekan Madrid. Di menit 68, Barcelona hampir membungkam publik Santiago Bernabeu lewat aksi Villa. Namun tendangan eks pemain Valencia itu masih bisa dibendung oleh Casillas.

Barca akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit 76 lewat sontekan Messi yang meneruskan umpan silang pemain pengganti Ibrahim Afellay. Tiga menit sebelum bubaran, Barca menggandakan keunggulannya. Lagi-lagi Messi yang menciptakan petaka di gawang Casillas lewat aksi individu menawan yang diteruskan dengan tendangan kaki kanan.

Susunan Pemain:

Real Madrid: 1-Iker Casillas; 17-Alvaro Arbeloa, 18-Raul Albiol, 4-Sergio Ramos, 12-Marcelo; 3-Pepe, 14-Xabi Alonso, 10-Lassana Diarra; 23-Mesut Ozil (28-Emmanuel Adebayor 46), 7-Cristiano Ronaldo, 22-Angel Di Maria.

Barcelona: 1-Victor Valdes; 2-Daniel Alves, 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano, 5-Carles Puyol; 16-Sergio Busquets, 6-Xavi, 15-Seydou Keita; 17-Pedro (20-Ibrahim Afellay 71), 10-Lionel Messi, 7-David Villa (28-Sergi Roberto 90).