Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Picu Kecerdasan Meningkat Diatas Rata-rata

10 Asupan Pangan Untuk Anak
Oleh : sumantri
Selasa | 26-04-2011 | 20:55 WIB
Rizqy_Ku.jpg Honda-Batam

Ilustrasi balita, Para peneliti menyarankan untuk memberikan anak dan balita salah satu dari 10 asupan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak

Batam, batamtoday - Penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti di Universitas Harvard menunjukkan, kekurangan satu mineral dan vitamin yang penting untuk otak, ternyata bisa menurunkan kesiagaan mental otak. Pola makan yang sehat dan kaya buah, sayuran, gandum, ditambah dengan daging dan ikan dapat mencukupi kebutuhan mineral dan vitamin utama yang diperlukan bagi kesehatan fisik dan mental, khususnya pada anak dan balita.

dr. Saridian satrix W, SpGK, seorang dokter dan ahli gizi, seperti dikutip batamtoday dari lama detik, menganjurkan pada setiap orang tua, terutama ibu, untuk selalu menyediakan asupan bergizi untuk balitanya. Apa saja panganan yang masuk dalam kategori bergizi menurut ahli gizi, simak penjelasan dibawah ini:

1. Ikan Salmon
Berbagai penelitian yang dilakukan oleh banyak ilmuan dan pakar gizi menyebutkan bahwa ikan Salmon merupakan sumber terbaik dari asam lemak omega 3 atau DHA dan EPA yang keduanya sangat berperan terhadap perkembangan dan pertumbuhan otak, terutama untuk anak dan balita. Bahkan, riset terbaru juga menyatakan, bahwa anak yang diberikan asupan makanan yang mengandung asam lemak tinggi secara rutin, akan menjadi anak yang cepat tanggap, cerdas dan kreatif.

2. Telur
Telur merupakan sumber protein tinggi yang mudah didapat dan terjangkau. Selain protein, telur juga mengandung zat kolin yang sangat tinggi dan dapat membantu pengembangan memori atau daya ingat. satu butir telur mengandung 126 mg kolin, sedangkan kebutuhan anak-anak akan kolin dalam sehari mencakupi 200 - 375 mg.

3. Selai Kacang
Jenis pelangkap makanan ini ternyata banyak mengandung vitamin E, sedangkan vitamin E sendiri merupakan antioksidan alami yang mampu melindungi membran-membran sel syaraf dari dari serangan zat yang merugikan alias antagonis.

4. Kacang-kacangan Lain
Makanan ini kaya akan protein nabati serta karbohidrat kompleks yang dapat menopang daya tahan otak jika diberikan pada anak-anak dan balita.

5. Gandum Murni
Bahan makanan ini kaya akan glukosa dan asam omega 3 dari tumbuhan yang sangat diperlukan bagi perkembangan anak dan balita. Penelitian menyatakan rata-rata anak dan balita membutuhkan 1 mg glukosa setiap hari.

6. Havermut
Merupakan panganan yang sangat familiar dikalangan anak-anak sebagai teman sarapan. Havermut kaya akan serat, protein dan berbagai mineral lainnya.

7. Berry
Buah ini banyak sekali mengandung unsur antioksidan. Buah Berry juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki semua sistem yang belum menyatu pada otak anak, sehingga dapat memperbeiki kinerja otak dan imbasnya anak akan lebih kritis dalam berpikir.

8. Sayuran Berwarna
Sayur mayur memiliki tempat yang sangat penting bagi pertumbuhan otak dan kinerja nalarnya. Maka sediakanlah selalu sayuran sebagai menu utama untuk anak dan balita anda.

9. Susu dan Yoghurt
Dua jenis makanan ini banyak sekali mengandung zat yang tinggi yang masuk dalam kategori antioksidan selain itu susu dan yoghurt juga mangandung zat yang dapat menstransmitter perkembangan otak anak.

10. Daging Sapi Tanpa Lemak
Daging memiliki dan mensuplai energi yang mampu membuat anak tetap bugar. Peran inilah yang dapat menunjang anak beraktifitas dan selalu bergerak. Selain itu, daging juga mengandung banyak protein hewani yang dapat menahan tubuh dari serangan luar yang merugikan.