Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Lampu Tanpa Listrik dari Ganggang yang Bisa Menyerap CO2
Oleh : Redaksi
Selasa | 08-10-2013 | 08:53 WIB

BATAMTODAY.COM, Perancis - Teknologi ramah lingkungan semakin dikembangkan para ilmuwan, termasuk dalam penyediaan sumber energi.

Dilansir dari laman Inhabitat, seorang ahli biokimia Perancis, Pierre Calleja, telah merancang lampu ramah lingkungan menarik yang bisa menerangi kegelapan sekaligus mengurangi emisi karbondioksida (CO2). Hebatnya, untuk menyalakan lampu tersebut tak dibutuhkan suplai listrik.

Pierre hanya perlu mengisi sebuah tabung kaca dengan ganggang hijau yang bisa berpendar secara otomatis. Karena menggunakan ganggang, lampu ini pun hanya menggunakan energi yang diciptakan oleh proses fotosintesis ganggang itu sendiri untuk menyalakan cahaya dalam, sedangkan ganggang sendiri tinggal dengan CO2 di udara luar.

Lampu ini dirancang sehingga dapat menyimpan energi dari fotosintesis untuk digunakan nanti. Dengan demikian, ketika diletakkan ke daerah yang minim cahaya, lampu itu dapat bersinar tanpa perlu sumber daya eksternal. 

Sebuah lampu tunggal dapat menyerap sekitar satu ton karbon dari udara sekitar hanya dalam satu tahun. Jumlah ini sama dengan yang diserap oleh 150 atau 200 pohon. 

Jika lampu ini bisa masuk diproduksi secara massal, maka bisa mengurangi dampak perubahan iklim sekaligus mengurangi polusi udara .

Yang cukup menarik, lampu ini bukan satu-satunya aplikasi yang ditemukan Calleja untuk mikroalga . Dia dan timnya di FermentAlg sudah menggunakan mikroalga untuk semua jenis aplikasi, dari sumber berkelanjutan suplemen Omega 3 untuk dasar kosmetik alami. Mereka bahkan telah menemukan cara untuk memanfaatkan ganggang sebagai sumber biofuel (bahan bakar alami). (*)

Editor: Dodo