Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Libatkan 200 Personil

Polresta Barelang Cek Pendistribusian Soal dan Pelaksanaan UN
Oleh : Hendra Zaimi
Senin | 25-04-2011 | 17:58 WIB
Pam-UN.gif Honda-Batam

Kabag Ops Polresta Barelang, Kompol Sholeh tampak sedang melihat siswa melaksanakan ujian nasional di SMP Negeri VI Batam, Senin, 25 April 2011 (Foto: Hendra Zaimi)

Batam, batamtoday - Kepolisian Resor Kota Batam, Rempang dan Galang (Barelang) melakukan pengawasan langsung terhadap pelaksanaan ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Batam untuk mengecek ulang keamanan pendistribusian soal ujian ke berbagai sekolah, Senin, 25 April 2011.

"Pengawasan ini dilakukan untuk mencek apakah adanya kecurangan dalam pendistribusian soal ke sekolah-sekolah," kata Kabag Ops Polresta Barelang, Kompol Moch Sholeh kepada batamtoday di SMP Negeri VI Batam.

Sholeh menambahkan, kegiatan ini adalah tanggung jawab pihak kepolisian, untuk itu perlu pengawasan ekstra untuk menjaga keamanan pendistribusian soal ujian hingga sampai ke sekolah. Sehingga dapat menimalisir pelanggaran-pelanggaran yang bisa saja terjadi.

"Sebanyak 200 personil kita libatkan dalam pelaksanaan UN ini, baik di daerah kota maupun hinterland. Di setiap satu sekolah kita tenjunkan seorang personil untuk menjaga kemanan," terang Sholeh.

Untuk di daerah hinterland, lanjut Sholeh, personil dari Pol Air yang dilibatkan mengingat daerah tersebut harus dijangkau dengan menggunakan transportasi laut, namun pengamanannya tetap sama dengan pengamanan di kota tanpa ada pembedaan.

"Daerah hinterland, selain personil Pol Ai,r kita juga melibatkan personil dari Angkatan Laut," ujar perwira Akpol angkatan 1998 ini.

Menurut keterangan pihak kepolisian, pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP di Batam berjalan tertib dan aman, sampai saat ini belum ada laporan tentang adanya kecurangan dalam pelaksanaan ataupun kebocoran soal dalam pendistribusian dari pihak kepolisian ke sekolah.

"Pelaksanaan masih tertib dan lancar, dan kita harapkan semua itu berjalan sampai dengan pelaksanaan UN ini selesai," terangnya.