Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Legenda Tinju Kelas Berat Ken Norton Tutup Usia
Oleh : Redaksi
Kamis | 19-09-2013 | 09:49 WIB
ken_norton.jpg Honda-Batam
Ken Norton mengalahkan Muhammad Ali dalam pertarungan di San Diego, California, 1973. (Foto: BBC/AP)

BATAMTODAY.COM, Nevada - Mantan juara tinju kelas berat, Ken Norton, yang pernah mengalahkan legenda tinju dunia Muhammad Ali di tahun 70-an, wafat pada usia 70 tahun, demikian keterangan anaknya. Norton, yang kondisi kesehatannya terus memburuk akibat serangkaian serangan stroke, meninggal dunia di sebuah fasilitas perawatan di Las Vegas, Nevada, AS.

Norton pernah mengalahkan Muhammad Ali dalam pertarungan pertama mereka di San Diego, California, pada 1973. Dalam pertemuan terakhir mereka pada September 1976 di Stadion New York Yankee, Ali mampu mengalahkan Norton dalam pertarungan yang kontroversial untuk mempertahankan gelar kelas berat.

"Saya yakin dia saat ini telah berada di surga dengan para petarung sejati," kata Gene Kilroy, mantan manajer keuangan Muhammad Ali, kepada kantor berita Associated Press.

Norton memulai karir tinju pada saat bertugas di Marinir AS, dan melanjutkan ke gelanggang tinju profesional setelah dia meninggalkan dunia militer pada 1967. Dia memenangkan gelar kelas berat pada 1977, namun kalah pada tahun berikutnya dalam pertarungan klasik 15 ronde dengan Larry Holmes.

Setelah karir tinjunya berakhir, Norton muncul di beberapa film dan menjadi komentator laga tinju. Norton memiliki lima orang anak, salah-satunya bermain sepak bola profesional dan sekarang menjadi pelatih.

Sumber: BBC