Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Petani Sawit Bentrok dengan Satpam, 7 Tewas.
Oleh : Redaksi/TN
Jum'at | 22-04-2011 | 12:49 WIB

OKI, batamtoday - Bentrokan maut terjadi antara warga yang kebanyakan adalah petani sawit, dengan petugas Satpam PT Sumber Wangi Alam (SWA), di Desa Sungai Sodong, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan, Kamis 21 April 2011. Bentrokan menyebabkan tujuh orang tewas.

Korban jatuh dari kedua belah pihak. Dari pihak warga, korban tewas sebanyak 3 orang, sedangkan dari pihak Satpam 4 jiwa melayang.

Keterangan diperoleh menyebutkan bahwa, bentrokan ini terjadi karena sengketa lahan antara warga dengan pihak PT SWA. Sengketa sudah lama berlangsung , dan tak pernah ada penyelesaian yang tegas dan tuntas dari pihak pemda maupun aparat setempat.

Seperti pada akhir tahun lalu, disebutkan warga melakukan panen di kebun inti PT SWA, di bawah pengamanan pasukan Brimob. Namun pada waktu yang lain, PT SWA menangkap warga dengan tuduhan melakukan pencurian atas buah sawit.

Akhirnya hubungan antara perusahaan dan warga setempat, terutama petani sawit menjadi runcing, dan rawan bentrok. Dan kemarin terbukti, konlik tersebut akhirnya berujung pada bentrok fisik dengan menggunakan senjata, yang mengakibatkan tujuh jiwa melayang sia-sia.

Kasus ini tengah ditangani Petugas Polresta OKI dan Polda Sumsel yang telah turun ke lokasi.