Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Pelaku Tidak Berhasil Gasak Uang ATM Mandiri di Cikitsu
Oleh : Ali
Senin | 09-09-2013 | 09:52 WIB
Petugas_memeriksa_ATM_Mandiri_dan_CCTV_BTN.jpg Honda-Batam
Petugas saat memeriksa ruang ATM di Foodcourt Cikitsu.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua orang tidak dikenal membobol Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri di Perumahan Cikitsu, Foodcourt, Minggu (8/09/2013) pagi sekitar pukul 04.30. Namun pelaku tidak berhasil menggasak uang yang berada di dalam mesin ATM tersebut.

"Kami mengetahui kejadiannya sekitar pukul 04.30 WIB, karena secara tiba-tiba saja koneksi antara mesin ATM Mandiri Cikitsu Foodcourt terputus. Waktu kita lihat di sistim tiba- tiba sudah tidak connecting, makanya kita cek ke sini," kata Wando, karyawan SSI, penyedia jasa pengisian dan service mesin ATM, Minggu (8/9/2013) pagi.

Mengetahui mesin ATM dalam kondisi tak beres, Wando dan rekannya menghubungi pihak Bank Mandiri. Berselang laporan tersebut, tim teknisi dari Bank Mandiri tiba di lokasi kejadian dan langsung  mengecek rekaman CCTV.

"Rekaman CCTV yang menempel di mesin ATM Mandiri tidak begitu jelas. Makanya kami coba memeriksa rekaman CCTV ATM Bank BTN yang ada di sebelah (kanan) ATM Mandiri itu," katanya kembali.

Sementara itu Iwan, salah seorang staf Bank Mandiri mengatakan, dari rekaman CCTV ATM Bank BTN, sekitar pukul 04.13 wib, tampak ada dua orang pria memasuki ruang ATM Bank Mandiri. Namun aksinya sempat berhenti, karena salah seorang pelaku yang menggunakan baju berwarna hijau dan topi putih mengetahui aksinya terekam dari kamera di ruang ATM BTN.

Keduanya menghentikan aksinya sesaat, dan langsung merusak kamera CCTV di ATM BTN menggunakan tong sampah stainless yang ada di dalam ruang ATM tersebut.

"Setelah kamera CCTV berhasil dirusak, pelaku kembali ke ATM Mandiri, dan langung memotong koneksi mesin ATM Mandiri dengan mesin las. Tapi pelaku tak berhasil membobol sampai brankas utama penyimpanan uang, jadi tidak ada uang yang hilang," terangnya.

Pantauan BATAMTODAY.COM, selain brankas ATM Mandiri, CCTV ATM Mandiri dan BTN juga rusak termasuk kaca pembatas sebelah kanan antara ruang ATM Bank Mandiri dan Bank BTN terlihat pecah. Selan itu, terlihat beberapa orang staf Bank Mandiri dan Bank BTN sedang  melakukan pengecekan di lokasi kejadian.

Tak lama kemudian, staf Bank Mandiri lainnya terlihat mengelurkan 5 kotak hitam penyimpanan uang dari dalam brangkas utama mesin ATM Bank Mandiri yang menjadi target utama kedua pelaku.

Selain itu juga terlihat garis polisi dipasang di depan pintu ruang mesin ATM Bank Mandiri. Hingga Minggu siang sekitar pukul 11.00 WIB, pemeriksaan masih terlihat di lokasi kejadian.

Editor: Dodo