Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hujan di Sumatera, Malaysia Bebas Kabut Asap
Oleh : Redaksi
Rabu | 04-09-2013 | 18:12 WIB

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Malaysia bakal bebas dari kabut asap. Curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Sumatera telah memadamkan beberapa titik api (hotspot) yang menjadi penyebab kebakaran hutan di wilayah tengah Sumatera, Indonesia.

Direktur Departemen Meteorologi Malaysia, Muhammad Helmi Abdullah, mengatakan, pada Senin kemarin sudah tidak terlihat titik api di wilayah Indonesia dan semenanjung Malaysia. Padahal, pekan sebelumnya, titik api meningkat hingga mencapai 488, sebanyak 267 titik berada di Riau dan 66 titik di Sumatera Selaran.

"Sejauh ini, tidak ada hotspot yang terdeteksi. Faktor utama untuk ini adalah karena curah hujan sering," kata Helmi Abdullah, seperti dilansir The Star, hari ini.

Namun, pihaknya tak bisa mengambil data dari lokasi lain karena pantauan satelit tertutup awan tebal.

Helmi memastikan, angin tidak akan mambawa kabut asap ke Malaysia. "Angin yang meniup partikel-partikel kabut bergerak sangat lambat pada 10kph sampai 20kph," katanya.

Dia juga mengharapkan angin dari arah yang berbeda akan terjadi di Semenanjung Malaysia, menuju barat laut dan selatan Malaysia. "Berdasarkan kondisi saat ini, kabut asap tidak akan mengarah ke sini (Malaysia) selama tujuh hari ke depan," katanya. (*)

Editor: Dodo