Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Batam Dirikan Posko Pengaduan DPSHP di Tiap Kelurahan
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 28-08-2013 | 17:09 WIB
yudi kornellius.jpg Honda-Batam
Yudi Kornelis, Humas KPU Kota Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mendirikan posko pengaduan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS HP). Hal ini dilakukan karena banyaknya kesalahan pada DPS atau proses pendataan dan penetapan DPS akibat kesalahan saat melakukan input data oleh PPK.

"Masyarakat bisa melaporkan ke posko yang ada di setiap kelurahan sebelum DPD ditetapkan sebagai DPT (Daftar Pemilih Tetap)," kata Yudi Kornelis, Humas KPU Kota Batam, hari ini.

Yudi mengatakan, seluruh PPK dan KPU Se-Batam telah menetapkan DPS dan juga telah menyerahkan ke partai-partai politik peserta pemilu 2014. "Meskipun KPU tidak mengalami masalah tetapi tetap saja di lapangan ditemukan kejanggalan dalam pendataan DPS HP tersebut," ujar Yudi.

Menurutnya, masih banyak masyarakat yang belum terdata dan tidak masuk dalam DPS HP. Namun permasalahan bukan hanya data pemilih itu, melainkan adanya DPS HP ganda.

"Kemungkinan proses entry data (memasukkan data, red) pemilih saat ini yang berbeda dengan sebelumnya makanya banyak data DPS HP yang ganda," terangnya. (*)

Editor: Dodo